Bupati Jepara, Dian Kristiandi, saat memasang stiker imbauan prokes 4M.

JEPARA (SUARABARU.ID ) – Disiplin protokol kesehatan adalah satu-satunya cara paling efektif memutus mata rantai penularan virus corona. Apalagi Jepara telah masuk kembali ke zona merah.  Karena itu Bupati Jepara Dian Kristiandi telah melakukan pemasangan stiker di 100 mobil dinas pemkab sebagai upaya terus mengampanyekan prokes melalui 4 M.

Penempelan stiker yang berisi   pesan protokol kesehatan  pencegahan Covid-19  tersebut  berlangsung di halaman kantor bupati, Rabu (30/12-2020). Bupati Jepara dan Sekda Edy Sujatmiko mengawali pemasangan stiker yang kemudian diikuti oleh para pejabat yang hadir. Ada sekitar 100 mobil yang dipasang stiker.

Dian Kristiandi berharap,  masyarakat lain tergerak ikut melakukan upaya ini, sehingga di mana pun masyarakat merasa diingatkan.

Sekda Jepara, Edy Sujatmiko, saat memasang stiker prokes di mobil dinasnya.

Sebagaimana yang dilakukan Dian Kristiandi, stiker ditempel pada bagian belakang kaca mobil pelat merah. Sejak satu jam sebelum pemasangan perdana oleh Dian Kristiandi, ratusan kendaraan dinas sudah berdatangan, diparkir memenuhi halaman kantor tersebut.

Isi lengkap pesan dalam stiker itu berbunyi “Ayo lakukan 4 M, memakai masker; mencuci tangan;  menjaga jarak; menghindari kerumunan”.

Plt. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Jepara Sujarot melalui Kepala Bidang Komunikasi Wahyanto mengatakan, terdapat 100 kendaraan dinas yang ditempeli stiker ini. Jumlah itu meliputi mobil dinas untuk bupati, sekretaris daerah, seluruh pejabat eselon 2 (setingkat kepala perangkat daerah), serta pejabat eselon 3 meliputi kepala bagian, camat, dan skretaris semua perangkat daerah.

Himbauan tahun baru

Sementara itu, dalam menyongsong tahun baru 2021, Bupati Dian Kristiandi mengajak masyarakatnya tidak merayakan dengan cara berkerumun. Yang terpenting adalah  mengambil esensinya, melakukan evaluasi atas apa yang telah dilakukan sepanjang tahun 2020 untuk diperbaiki di tahun baru.

Hadepe