Bupati Jepara Dian Kristiandi saat memaparkan konsep pengembangan kota Jepara. ( Foto : Dok )

JEPARA (SUARABARU.ID) – Kabupaten Jepara akhirnya diterima sebagai anggota Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI) dalam Rakernas JKPI dan Festival Kota Pusaka Indonesia yang berlangsung di  Siak Sri Indrapura, Kabupaten Siak belum lama ini.

Sebelum diterima sebagai anggota JKPI, Bupati Jepara Dian Kristandi  telah memaparkan potensi dan konsep pengembangan Jepara dengan judul  “Tinggalan Pusaka Jepara dan Ikhtiar Penguatan Untuk Pemajuan Kebudayaan”.

Paparan ini  mendapatkan apresiasi dari seluruh peserta forum rakernas. Pada akhir pengambilan kesimpulan, Direktur Eksekutif JKPI, Nanang Asfarinal menyampaikan pernyataan bahwa Kabupaten Jepara secara resmi disetujui oleh seluruh delegasi forum dan diterima sebagai anggota Jaringan Kota Pusaka Indonesia.

Delegasi Jepara dari kanal, Brodan Kawak, Zamroni Listiaza, Iskak Wijaya dan Edy Marwoto. ( Foto : Dok )

Dian Kristiandi hadir pada forum ini dengan didamping Plt Kepala Dinas Pariwisata, Zarmroni Listiaza, Plt Kepala Bapeda Edy Marwoto   serta dua orang budayawan  sebagai   konsultan pengembangan pariwisata Jepara, Iskak Wijaya   dan Fahrudin yang akrab dipanggil Brodan Kawak.

JKPI yang sampai saat ini beranggotakan 70 kota / kabupaten di Indonesia. “ Forum ini merupakan jejaring kota/kabupaten yang memberi fokus pada pelindungan dan pengembangan tinggalan cagar budaya atau warisan pusaka/sejarah (bangunan, alam, seni-budaya, dan tradisi) yang bernilai tinggi.,” ujar Iskak Wijaya yang didampingi Brodan Kawak.

Iskak Wijaya dan Brodan Kawak ( Foto : Dok )

JKPI menurut Iskak Wijaya melakukan  kerjasama dengan 6 kementerian dan 2 menko. “ Jika dikelola dengan baik,  JKPI terbukti mampu mempercepat progres pembangunan sebuah kawasan atau daerah berbasis potensi budaya yang ada,” paparnya.

Sementara Brodan Kawak menjelaskan, pada  tahun 2021, rakernas dan festival JKPI akan diselenggarakan di Kota Bogor. Kabupaten Jepara diharapkan dapat mengirimkan delegasi atau kontingen lewat penampilan seni-budaya, kuliner, serta hasil karya terbaik.

Hadepe – ua