Tim PKM USM memberi Pelatihan Manajemen Usaha kepada UKM Pawon Emak Real secara daring pada Sabtu (19/12/2020).

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Tim Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Semarang (PKM USM) memberikan Pelatihan Manajemen Usaha kepada manajemen UKM Pawon Emak Real Semarang pada Sabtu (19/12/2020) secara daring.

Tim PKM USM terdiri atas Febriana Nafasati P SE MSi, Dian Indudewi SE MSi Akt, dan Alfa Vivianita SE MSi.

Menurut Febriana, pihaknya memberikan pelatihan mengenai manajemen usaha yangg meliputi pembukuan kas, perhitungan harga pokok produksi dan pemasaran.

Tujuan pelatihan ini adalah memberitahu pengetahuan kepada pelaku UKM Pawon Emak Real mengenai cara melakukan pembukaan yang baik pada usahanya dan melakukan perhitungan yang benar mengenai harga pokok produksinya.

”Kami berharap, pemilik UKM Pawon Emak Real dapat melakukan evaluasi terhadap usahanya selama ini dari sisi penentuan harga pokok, pemasaran produk dan pencatatan atas hasil usahanya,” ungkapnya.

Sementara itu, Pemilik UKM Pawon Emak Real, Astriana Sutriana menyatakan terima kasih kepada Tim PK USM yang telah memberikan ilmu manajemen usaha untuk perkembangan usaha home industy yang dijalaninya.

Menurutnya, pelatihan yang diberikan Tim PKM USM tersebut sangat bermanfaat dalam membantu pembukuan, terutama menentukan harga jual produk yang tadinya mengesampingkan tenaga sendiri.

”Terima kasih kepada tim PKM USM, karena telah menambah wawasan saya terutama dalam menentukan harga jual produk. Saya juga merasa mendapatkan link baru dan bertambah relasi dalam mengembangkan usaha saya,” ungkapnya.

Muha/Ryan