SEMARANG (SUARABARU.ID) – PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 4 Semarang (KAI Daop IV) mencatat lonjakan jumlah penumpang yang menggunakan transportasi kereta api untuk mudik pulang kampung menjelang bulan Ramadan.
Dalam periode 28 Februari hingga 2 Maret 2025, tercatat sebanyak 39.571 penumpang berangkat dari berbagai stasiun di wilayah Daop 4 Semarang menuju berbagai tujuan.
Secara rinci, jumlah penumpang pada tanggal 28 Februari 2025 mencapai 21.841 orang, kemudian pada 1 Maret sebanyak 8.384 orang, dan pada 2 Maret 2025 tercatat 9.346 orang.
Manager Humas KAI Daop 4 Semarang, Franoto Wibowo, menjelaskan, angka ini diperkirakan terus meningkat seiring dengan masih berlangsungnya penjualan tiket.
“Tren pulang kampung jelang Ramadan ( mudik ) merupakan hal yang biasa terjadi,” katanya, Sabtu 1 Maret 2025.
Dirinya menjelaskan, banyak masyarakat yang ingin melaksanakan ibadah puasa pertama bersama keluarga di kampung halaman, sehingga permintaan perjalanan dengan kereta api meningkat signifikan.
Sementara itu, untuk kedatangan penumpang pada periode yang sama, tercatat sebanyak 42.213 orang tiba di stasiun-stasiun wilayah Daop 4 Semarang dari berbagai daerah. Dengan rincian pada 28 Februari 2025 sebanyak 20.880 penumpang, 1 Maret 14.992 penumpang, dan 2 Maret 2025 sebanyak 6.341 penumpang.
“KAI terus berkomitmen untuk memberikan layanan terbaik kepada pelanggan dengan memastikan kesiapan operasional, peningkatan fasilitas, serta penerapan berbagai inovasi guna meningkatkan kenyamanan perjalanan khususnya pada masa awal Ramadhan ini,” ujar Franoto.
Terdapat 33 perjalanan KA Penumpang per harinya dengan keberangkatan awal dari stasiun Daop 4 Semarang, dengan total kapasitas tempat duduk yang disediakan sebanyak rata-rata 17.184 per harinya.
Pelanggan yang ingin melakukan perjalanan selama periode Ramadan diimbau untuk merencanakan perjalanan lebih awal dan memanfaatkan sistem pemesanan tiket yang tersedia hingga 45 hari sebelum keberangkatan melalui aplikasi Access by KAI, situs web kai.id, serta berbagai mitra resmi penjualan tiket.
“Kami terus mengimbau pelanggan untuk memanfaatkan berbagai fitur layanan digital yang telah disediakan untuk kemudahan perjalanan, termasuk pemesanan tiket secara online serta layanan check-in dengan sistem face recognition. Dengan berbagai inovasi ini, kami berharap pengalaman perjalanan pelanggan semakin nyaman, praktis, dan efisien,” katanya.
Khusus di bulan Ramadan, KAI juga akan membagikan takjil gratis bagi pelanggan yang berbuka puasa di stasiun. Paket takjil telah disiapkan dan akan didistribusikan pada stasiun utama wilayah Daop 4 Semarang guna memberikan kenyamanan lebih bagi pelanggan yang menjalankan ibadah puasa.
“Dengan berbagai kesiapan dan peningkatan layanan ini, KAI optimistis dapat memberikan pengalaman perjalanan yang aman, nyaman, dan berkesan bagi pelanggan selama periode Ramadan,” tutup Franoto.
HP