Rombongan Forkompinda saat mengecek kesiapan salah satu TPS.(FOTO:SB/Agung)

KENDAL(SUARABARU.ID)- Guna memastikan kesiapan pelaksanaan pemilu serentak 2019 di Kendal, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah(Forkompinda) Kabupaten Kendal melakukan pengecekan dan kesiapan di sejumlah Tempat Pemungutan Suara TPS.

Rombongan wakil bupati Masrur Masykur dan Forkompinda Kendal meninjau lokasi pertama, yaitu di TPS 005 Desa Darupono Kecamatan Kaliwungu Selatan. Selanjutnya, mereka melanjutkan perjalanan ke wilayah Boja, Patean, Singorojo, Sukorejo, Pageruyung dan Weleri.

Sekda Kendal, Moh Toha, mengatakan, pencoblosan pemilu serentak kali ini, dilakukan di tengah pandemi Covid-19 . Untuk itu masyarakat diharapkan bisa mentaati protokol kesehatan, termasuk semua petugas peyelenggara pemilu.

“Saya harap, semua TPS harus memperhatikan protokol kesehatan, termasuk TPS yang ada di dalam ruang agar sirkulasi udara bisa lancar,”kata Sekda Kendal Moh Toha,Selasa(08/12/2020).

Sekda juga mengatakan, jika seandainya jendela tidak dibuka, tiap dua jam sekali harus istirahat, dengan maksud agar sirkulasi udara di dalam ruangan bisa bergantian.

Sementara Kapolres Kendal AKBP Rapael Sandhy Cahya Priambodo, mengatakan, dalam rangka pengamanan Pilkada serentak, Polres Kendal menerjunkan 770 personil yang akan ditempatkan di 2.242 TPS di 20 kecamatan yang ada di Kabupaten Kendal.

Selain itu juga, akan dibantu oleh 8.800 anggota Linmas, sehingga semua TPS terdapat anggota polisinya, sehingga sudah tidak ada lagi istilah TPS aman, rawan dan sangat rawan.

“Semua personil yang kami turunkan sudah menjalani rapid test maupun swab tes. Sehingga masyarakat tidak perlu khawatir. Karena semua anggota Polri sudah dinyatakan sehat dari tim gugus Covid-19,”kata Kapolres Kendal, AKBP Rapael Sandhy Cahya Priambodo.

Kapolres menambahkan, langkah-langkah taktis dan strategis dalam rangka menyukseskan Pemilukada serentak 2020, terus dilakukan oleh unsur Forkompinda.

Untuk itu, pihaknya meminta seluruh lapisan masyarakat untuk bersama-sama menjaga keamanan, kenyamanan dan ketertiban masyarakat demi terciptanya Pemilukada yang aman damai jujur dan adil.Sp-mm