Para peserta Uji Coba Sistem Layanan UKBI Adaptis yang disleenggarakan Balai Bahasa Jawa Tengah. Foto: wied

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah menyelenggarakan Uji Coba Sistem Layanan Uji Kemahiran Bahasa Indonesia (UKBI) Adaptif di Hotel Ciputra, Semarang, selama dua hari (10-11/11).

Acara dibuka oleh Kepala Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah Dr. Ganjar Harimansyah, M.Hum. yang sekaligus memberikan penjelasan tentang UKBI.

Dr. Ganjar Harimansyah, Kepala Bahasa Jawa Tengah. Foto: wied

Menurut Koordinator UKBI Pusat Pengembangan dan Pelindungan Bahasa dan Sastra Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Atikah Solikhah, kegiatan ini diikuti oleh berbagai kalangan baik dari organisasi profesi, wartawan, guru, dan dari dinas-dinas.

Kegiatan ini, kata Atikah, dimulai sejak Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa minta agar UKBI ini dimutakhirkan.

Sementara itu, Ganjar Harimansyah mengatakan, UKBI merupakan sarana untuk mengukur kemahiran, bukan tes pencapaian. “Memang berbeda dengan TOEFL, TOEIC, TOEIC,” kata Ganjar.

Ganar juga mengatakan, BBJT membuka lebar kerja sama dengan kalangan guru, pegiat literasi, dan sebagainya. “Juga ada pelatihan karya tulis ilmiah bagi para siswa dan guru,” katanya.

Widiyartono R-trs