YOGYAKARTA (SUARABARU.ID)– Manajemen PT XL Axiata memastikan, tidak ada satu pun karyawan yang bertugas di area Daerah Istimewa Yogyakarta dan sekitarnya, termasuk Sleman, terpapar covid-19.
Konfirmasi itu disampaikan, menyusul ditemukan kasus tertularnya sejumlah karyawan perusahaan mitra XL Axiata yang berlokasi di wilayah Kabupaten Sleman, yang positif covid-19 awal pekan ini.
Rd Sofia Purbayanti, Group Head Central Region XL Axiata menyatakan, meskipun memiliki hubungan kemitraan, namun kedua perusahaan tidak dalam satu manajemen. Karena itu pula, karyawan perusahaan mitra itu tidak di bawah manajemen XL Axiata, apalagi kantor keduanya juga terpisah.
BACA JUGA : JNE Wakafkan 1.000 Alquran untuk Gunung Kidul
Sofia dalam keterangan persnya, Rabu (14/10/2020) menegaskan, XL Axiata sejak awal berjangkitnya pandemi ini, telah menerapkan sistem monitoring yang ketat terhadap kondisi kesehatan setiap karyawannya, yang tersebar di seluruh Indonesia.
”Protokol kesehatan selalu kami terapkan secara ketat sesuai regulasi, baik Nasional maupun di setiap daerah tempat kantor kami berada. Protokol kesehatan ini mengikat semua karyawan, baik yang masih kerja di kantor maupun di rumah, ini untuk memastikan kondisi keamanan kantor dan semua fasilitas kerja kami,” katanya.
Ditambahkan dia, terkait kasus yang terjadi di Yogyakarta pada Selasa (13/10/2020), Dinas Kesehatan Sleman telah menginspeksi secara langsung XL Center Yogyakarta, yang berlokasi di Jalan Laksda Adi Sucipto nomor 163, lantai 1, Sleman.
Selain itu juga, telah dilakukan wawancara dengan petugas facility management kantor. Hasilnya, XL Center Yogyakarta dinyatakan aman dan sudah menjalankan protokol kesehatan, sesuai yang dianjurkan pemerintah.
Tetap Beroperasi
Terkait kasus covid-19 yang terjadi ini, pihak manajemen XL Axiata menyampaikan beberapa hal penting. Di antaranya, penegasan soal perusahaan mitra XL Axiata di Sleman, di mana sejumlah karyawannya ditemukan positif covid-19, hanya menangani layanan call center untuk pelanggan dan masyarakat.
”Lingkup kerja layanan call center yang dilakukan perusahaan tidak berhubungan atau beinteraksi fisik secara langsung dengan para pelanggan. Mereka menghubungi pelanggan melalui telepon,” lanjut dia.
Lebih jauh Sofia menegaskan, XL Axiata memastikan layanan call center tetap beroperasi secara normal, untuk memberikan layanan kepada masyarakat. Selain itu, pihak manajemen terus berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Sleman, untuk memastikan seluruh protokol kesehatan dipatuhi sesuai anjuran pemerintah.
XL Axiata juga memprioritaskan kesehatan para agen yang ternaung dalam mitra, dengan memberikan support kesehatan, baik fisik maupun mental, dengan melakukan tata kelola sesuai regulasi, serta pemberian vitamin dan dukungan lainnya.
”Pada 5 Oktober 2020, kami sudah mendisinfeksi kantor serta melakukan tes kesehatan ke semua karyawan yang tugas di Yogyakarta dan Sleman. Hasilnya, tidak ada yang reaktif covid-19. Lalu pada 13 Oktober 2020, Dinas Kesehatan Sleman menginspeksi langsung XL Center Yogyakarta, di Jalan Laksda Adi Sucipto, Sleman. Hasilnya, XL Center Yogyakarta juga dinyatakan aman,” tukas Sofia.
Hery Priyono-Riyan