Api pembakaran sampah, merembet membakar rumpun bambu dan meluas mengancam rumah pemukiman warga di Dusun Sumber, Desa Pare, Kecamata Selogiri, Kabupaten Wonogiri.

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Gara-gara api pembakaran sampah, telah memicu terjadinya kobaran api yang tidak terkendali, dan meluas mengancam rumah pemukiman warga. Kejadiannya berlangsung Minggu pagi (27/9) di Dusun Sumber RT 3/RW 9, Desa Pare, Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri.

Kepala Unit Pelaksana Tugas Dinas (UPTD) Pemadam Kebakaran (Damkar) Pemkab Wonogiri, Joko Santosa, melalui Kepala Regu Damkar, Sriyanto, menyatakan, kebakaran di Dusun Sumber tersebut sempat membuat warga panik. Pasalnya, api makin berkobar dan meluas karena ada tiupan angin kencang dari arah lereng pegunungan.

Api merembet ke arah bawah dan membakar rumpun bambu, yang lokasinya berhimpitan dengan rumah Heru di RT 3/RW 9. Warga masyarakat kesulitan untuk memadamkannya, sebab di lokasi tidak tersedia air dan alat pemadam kebakaran.

Mobil Damkar Pemkab Wonogiri didatangkan untuk memadamkan kobaran api pembakaran sampah yang mengancam rumah warga.

Dua Unit
Amukan jago merah ini, segera dilaporkan ke pamong desa dan ke Polsek Selogiri Polres Wonogiri. Upaya mendatangkan bantuan mobil Pemadam Kebakaran (Damkar) Pemkab Wonogiri segera dilakukan. Dua unit mobil Damkar segera meluncur dari markasnya, menuju ke lokasi kebakaran di Dusun Sumber, Desa Pare, Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri.

Pemadaman segera dilakukan, dengan memasangkan fasilitas selang air berukuran panjang, untuk menjangkau titik kobaran api. Ini dilakukan, karena mobil Damkar kesulitan untuk lebih mendekat lagi ke lokasi kebakaran, karena tidak ada fasilitas jalannya.

Tiupan angin kencang di musim kemarau puncak, yang mengarah dari lereng pegunungan, memicu kobaran api meluas dan mengancam rumah pemukiman warga.

Beruntung, api segera dapat dipadamkan dan rumah Heru yang nyaris terjamah kobaran api, dapat dihindarkan. Pemadaman dibantu warga masyarakat, pamong desa dan personel dari Polsek Selogiri.

Kasus kebakaran yang dipicu oleh api pembakaran sampah ini, menjadi kejadian kali kedua dalam tempo tiga hari terakhir ini di Kabupaten Wonogiri. Seperti diberitakan, Jumat petang (25/9), kandang (rumah ternak) sapi milik Sono Mariman, warga Dusun Lengkong RT 2/RW 6 Desa Mlokomanis Wetan, Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Wonogiri, ludes terbakar, juga gara-gara api pembakaran sampah.

Bambang Pur