blank
Para siswa SD Negeri 3 Lemahbang, Kecamatan Kismantoro, Kabupaten Wonogiri, diberi tugas membuat rekaman video ucapan selamat HUT Ke 75 Proklamasi Kemerdekaan RI. Tugas ini masuk dalam PJJ.
WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Para siswa Sekolah Dasar (SD) Negeri 3 Lemahbang, Kecamatan Kismantoro, Kabupaten Wonogiri, diwajibkan membuat rekaman video pemberian ucapan selamat HUT Ke 75 Kemerdekaan Indonesia dan menghormat bendera. Ini menjadi tugas bagi para siswa, yang ikut dimasukkan dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

SD Negeri 3 Lemahbang, Kecamatan Kismantoro, terletak sekitar 65 Kilometer arah timur Ibukota Kabupaten Wonogiri. Meski berada di pelosok pedesaan, sejak ada wabah virus corona, para siswa dibimbing mampu mengikuti model PJJ dengan menggunakan fasilitas jejaring internet.

Berkaitan dengan peringatan HUT Ke 75 Proklamasi Kemerdekaan RI Tahun 2020, para siswa diwajibkan membuat rekaman video ucapan selamat untuk negara tercinta. ”Kalian bisa minta bantuan orang tua atau kakak untuk merekamnya. Agar jelas, mintalah bantuan guru kelas kalian di group kelas masing-masing,” jelas Kepala SD Negeri 3 Lemahbang, Yanto.

blank
Disamping tugas membuat rekaman video ucapan selamat HUT Ke 75 Proklamasi Kemerdekaan RI, para siswa SD Negeri 3 Lemahbang juga diberi kewajiban menghormat bendera di rumah masing-masing.

Hormat Bendera
Tugas menghormat bendera, dilakukan di rumah masing-masing siswa. ”Tahun ini tidak ada upacara bendera. Kami sedikit khawatir, kalau itu berdampak pada anak-anak melupakan semangat tujuhbelasan,” tendas Yanto.

Berkaitan itu, kegiatan menghormat bendera diwajibkan untuk semua siswa dan itu masuk dalam tugas PJJ. Di setiap kelas memiliki Group WA, yang Kasek dapat langsung memonitornya. ”Saya terharu dan bangga, menyaksikan anak-anak pada menghormat bendera dengan khidmat,” jelas Yanto yang juga tokoh Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) ini.

blank
Pemuda Kiky dan rekan-rekannya, menghormat bendera merah putih selama satu jam. Ini dilakukan di hutan Alas Lor Golo Desa Kembang, Kecamatan Jatipurno, Kabupaten Wonogiri.

Sementara itu, Tarmin Amin dari Kecamatan Jatipurno, Kabupaten Wonogiri, melaporkan, pemuda Kiky dari Dusun Sapatan, Desa Kembang, Kecamatan Jatipurno (sekitar 50 Kilometer arah timur laut Ibukota Kabupaten Wonogiri), melakukan penghormatan bendera merah putih selama satu jam.

Itu dilakukan bertujuh dari AM Projects dengan mengambil lokasi di areal hutan Alas Lor Golo, Desa Kembang, Kecamatan Jatipurno, Kabupaten Wonogiri. Yang kegiatan ini diunggah di chanel youtube-nya.

Bambang Pur