SEMARANG (SUARABARU.ID) – Imbas terjadinya luapan air akibat banjir pada Km 32+5/7 antara Stasiun Gubug – Stasiun Karangjati Kabupaten Grobogan, pada Rabu (22/1/2025) PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 4 Semarang terus melakukan upaya penanganan dan percepatan dalam mengatasi luapan air di lokasi terdampak.
Manager Humas Daop 4 Semarang KAI, Franoto Wibowo menyampaikan, saat ini jalur pada lokasi terdampak masih belum dapat dilalui kereta api karena terdapat gogosan imbas luapan yang terjadi sepanjang 100 meter dengan kedalaman 3 meter pada kedua jalur.
“Proses perbaikan ini melibatkan puluhan petugas prasarana KAI Daop 4 Semarang yang didukung oleh tenaga bantuan eksternal agar pemulihan dapat dilakukan dengan lebih cepat,” terangnya.
BACA JUGA: KAI Kerahkan 5 KA Pengangkut Material Penanganan Imbas Banjir di Grobogan
Untuk mendukung upaya ini, KAI Daop 4 Semarang juga mengerahkan empat rangkaian kereta api pengangkut batu kricak guna menggantikan material batu kricak yang tergerus luapan air. Selain itu, satu rangkaian kereta api pengangkut material lainnya, seperti bantalan beton, bantalan kayu, besi rel, besi perancah jembatan, dan perlengkapan lainnya, telah dikirim ke lokasi.
KAI juga melakukan rekayasa pola operasi dengan mengalihkan rute perjalanan kereta api. Sampai dengan saat ini ada beberapa KA yang mengalami keterlambatan dikarenakan menerapkan pola operasi memutar melewati Stasiun Gambringan-Gundih-Brumbung. Hal ini menyebabkan beberapa perjalanan KA mengalami keterlambatan rata-rata hingga 2 jam.
Adapun KA yang menerapkan rekayasa pola operasi dengan mengalihkan rute perjalanan update pada Rabu, 22 Januari 2025 sebagai berikut:
– KA 108 Jayabaya relasi Jakarta-Semarang-Surabaya dialihkan melalui jalur Brumbung-Gundih-Gambringan
– KA 185 Blambangan Ekspres relasi Ketapang-Semarang-Jakarta dialihkan melalui jalur Gambringan-Gundih-Brumbung
– KA 64 Sembrani relasi Jakarta-Semarang-Surabaya dialihkan melalui jalur Brumbung – Solo Jebres – Surabaya Gubeng
– KA 4 Argo Bromo Anggrek relasi Jakarta-Semarang-Surabaya dialihkan melalui jalur Brumbung – Solo Jebres – Surabaya Gubeng
– KA 3 Argo Bromo Anggrek relasi Surabaya-Semarang-Jakarta dialihkan melalui jalur Surabaya Gubeng – Solo Jebres – Brumbung
– KA 219 Kertajaya relasi relasi Surabaya-Semarang-Jakarta dialihkan melalui jalur Surabaya Gubeng – Solo Jebres – Brumbung
– KA 130 Gumarang relasi Jakarta-Semarang-Surabaya dialihkan melalui jalur Brumbung – Solo Jebres – Surabaya Gubeng
– KA 78 Pandalungan relasi Jakarta-Semarang-Jember dialihkan melalui jalur Brumbung – Gundih – Gambringan
– KA 131 Dharmawangsa relasi Surabaya-Semarang-Jakarta dialihkan melalui jalur Gambringan-Gundih-Brumbung
– KA 63 Sembrani relasi Surabaya-Semarang-Jakarta dialihkan melalui jalur Gambringan-Gundih-Brumbung
– KA 126 Harina relasi Bandung-Semarang-Surabaya dialihkan melalui jalur Brumbung – Gundih – Gambringan
KAI Beri Service Recovery, Imbas Kelambatan KA Akibat Banjir di Grobogan
Selain rekayasa pola operasi, KAI juga membatalkan beberapa perjalanan KA pada Rabu, 22 Januari 2025 sebagai berikut:
– KA 227 Blora Jaya relasi Cepu-Semarang
– KA 546 Kedung Sepur relasi Semarang-Ngrombo
– KA 545 Kedung Sepur relasi Ngrombo-Semarang
– KA 170 Tegal Bahari relasi Jakarta-Tegal
– KA 169 Tegal Bahari relasi Tegal-Jakarta
– KA 1 Argo Bromo Anggrek relasi Surabaya-Semarang-Jakarta
– KA 2 Argo Bromo Anggrek relasi Jakarta-Semarang-Surabaya
“KAI menyadari dampak yang ditimbulkan oleh gangguan ini terhadap pelanggan, terutama bagi yang telah merencanakan perjalanan menggunakan kereta api. Untuk itu, kami menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi,” jelas Franoto.
Bagi pelanggan yang terdampak dan memilih untuk membatalkan perjalanan, pengembalian bea tiket sebesar 100% (di luar biaya pemesanan) dapat dilakukan di stasiun pelayanan penumpang yang dapat dilayani hingga H+7.
Ciptakan Lingkungan Hijau, KAI Daop 4 Semarang Tanam 50 Pohon Dukung Gerakan Satu Juta Pohon
KAI akan terus memantau situasi di lapangan dan memberikan pembaruan informasi secara berkala. Keselamatan dan kenyamanan penumpang adalah prioritas utama. “Service recovery juga diberikan kepada para pelanggan dengan keterlambatan KA lebih dari 60 menit,” ucap Franoto.
Untuk informasi terkait jadwal kereta api atau pengembalian tiket bagi pelanggan terdampak, masyarakat dapat menghubungi layanan media sosial KAI121, e- mail: [email protected], dan Whatsapp KAI121 (0811-1211-1121).
Ning S