blank
service recovery

SEMARANG (SUARABARU.ID) – PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 4 Semarang memberikan service recovery (SR) kepada para penumpang yang KA nya terimbas keterlambatan akibat banjir pada Km 32+5/7 antara Stasiun Gubug – Stasiun Karangjati Kabupaten Grobogan.

“SR ini diberikan kepada para penumpang dengan keterlambatan KA yang dinaikinya lebih dari 60 menit, dengan pemberian berupa air mineral hingga makanan berat sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” ungkap Manager Humas Daop 4 Semarang KAI, Franoto Wibowo, Selasa (21/1/2025).

Dikatakan, sampai dengan saat ini ada beberapa KA yang mengalami keterlambatan dikarenakan menerapkan pola operasi memutar melewati Stasiun Gambringan-Gundih-Brumbung. Adapun KA yang mengalami keterlambatan diantaranya:

1. KA 227 Blora Jaya relasi Cepu-Semarang, keterlambatan 125 menit

2. KA 61 Sembrani relasi Surabaya-Semarang-Jakarta, keterlambatan 120 menit

3. KA 231 Ambarawa Ekspres relasi Surabaya-Semarang, keterlambatan 112 menit

KAI memohon maaf atas keterlambatan perjalanan kereta api akibat banjir di lokasi tersebut. “Bagi pelanggan yang terdampak dan memilih untuk membatalkan perjalanan, pengembalian bea tiket sebesar 100% (di luar biaya pemesanan) dapat dilakukan di stasiun pelayanan penumpang,” kata Franoto.

Hingga pukul 13.00 WIB, banjir di lokasi belum surut sehingga perjalanan kereta api masih menerapkan pola operasi memutar. Kereta api yang terpengaruh pola operasi memutar antara lain:

– KA 1 Argo Bromo Anggrek relasi Surabaya-Semarang-Jakarta

– KA 2 Argo Bromo Anggrek relasi Jakarta-Semarang-Surabaya

– KA 62 Sembrani relasi Jakarta-Semarang-Surabaya

– KA 235 Airlangga relasi Surabaya-Semarang-Jakarta

Dengan penerapan pola operasi memutar, setiap perjalanan KA diestimasikan akan mengalami keterlambatan antara 100 hingga 120 menit.

“KAI menyadari dampak yang ditimbulkan oleh gangguan ini terhadap pelanggan, terutama bagi yang telah merencanakan perjalanan menggunakan kereta api. Untuk itu, kami menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi. KAI berkomitmen untuk terus memantau kondisi di lokasi dan memberikan informasi terkini kepada masyarakat melalui berbagai saluran komunikasi,” jelas Franoto.

Proses normalisasi jalur di petak Gubug-Karangjati terus dilakukan dengan mengutamakan prinsip keselamatan untuk mempercepat pemulihan jalur. Diharapkan perjalanan kereta api dapat kembali normal sesegera mungkin.

Untuk informasi terkait jadwal kereta api atau pengembalian tiket bagi pelanggan terdampak, masyarakat dapat menghubungi layanan media sosial KAI121, e- mail: [email protected], dan Whatsapp KAI121 (0811-1211-1121).

Ning S