SEMARANG (SUARABARU.ID) – PT K ereta Api Indonesia Daop 4 Semarang mencatat sebanyak 54.948 tiket kereta api telah terjual pada periode libur awal tahun baru mulai tanggal 1 hingga 5 Januari 2025 atau sebanyak 10.990 tiket per harinya.
Manager Humas KAI Daop 4 Semarang, Franoto Wibowo menyebut, selama 5 hari periode libur awal tahun tersebut, Daop 4 Semarang menyediakan sebanyak 123.500 tiket atau 24.700 tiket per hari untuk KA dengan keberangkatan awal dari wilayah Daop 4 Semarang.
“Masih ada 68.552 tiket yang masih tersedia selama periode 5 hari libur pada awal tahun tersebut atau okupansi masih di angka 44 persen dari tempat duduk yang disediakan. Kami mengimbau masyarakat untuk segera memanfaatkan kesempatan ini dengan memesan tiket melalui aplikasi Access by KAI, website kai.id, atau mitra resmi penjualan KAI lainnya karena tren penjualan terus meningkat,” jelasnya.
Adapun data ketersedian tiket pada KA-KA jarak jauh dengan keberangkatan awal dari wilayah Daop 4 Semarang pada tanggal 1 hingga 5 Januari 2025 sbb (data per tanggal 31 Desember 2024 pukul 09.00 WIB) adalah,
1. KA Argo Sindoro relasi Semarang-Jakarta, okupansi 33 persen, tiket tersedia 3.309
2. KA Argo Muria relasi Semarang-Jakarta, okupansi 55 persen, tiket tersedia 1.111
3. KA Argo Merbabu relasi Semarang-Jakarta, okupansi 24 persen, tiket tersedia 1.892
4. KA Argo Merbabu Tambahan relasi Semarang-Jakarta, okupansi 28 persen, tiket tersedia 2.853
5. KA Ciremai relasi Semarang-Bandung, okupansi 68 persen, tiket tersedia 807
6. KA Direct Train relasi Semarang-Jakarta, okupansi 83 persen, tiket tersedia 453
7. KA Tambahan relasi Semarang-Jakarta, okupansi 55 persen, tiket tersedia 1.305
Diprediksi pada Rabu, 1 Januari 2025 jumlah penumpang keberangkatan maupun kedatangan di stasiun wilayah Daop 4 Semarang akan meningkat, dengan jumlah penumpang yang naik mapun turun sebanyak lebih dari 22 ribu penumpang.
“Selama masa liburan awal tahun, destinasi favorit penumpang meliputi Jakarta, Surabaya, Bandung, Banyuwangi, Solo, Malang, Yogyakarta, dan Purwokerto. Mayoritas penumpang memanfaatkan liburan untuk berwisata maupun bertemu dengan keluarga,” ungkap Franoto.
Menurutnya, selama libur awal tahun ini, Daop 4 Semarang menjalankan 31 perjalanan KA Penumpang Reguler dan 3 perjalanan KA Penumpang Tambahan per hari. Selain itu juga terdapat 63 perjalanan KA yang melintas di wilayah Daop 4 Semarang, dengan rincian 55 KA Reguler dan 8 KA Tambahan.
Dari sisi fasilitas, KAI telah mempersiapkan dengan optimal mulai dari memasuki area stasiun, di atas kereta, hingga keluar area stasiun tujuan. Selain itu, Daop 4 Semarang juga menyediakan fasilitas Face Recognition Boarding Gate yang kini telah tersedia di empat stasiun utama yang meliputi Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng, Stasiun Semarang Poncol, Stasiun Tegal, dan Stasiun Pekalongan.
KAI juga menyiagakan petugas frontliner ekstra seperti Customer Service Mobile (CSM) dan anggota Komunitas Pecinta Kereta Api (Railfans) di wilayah Daop 4 Semarang untuk membantu dan memberikan Informasi dan layanan kepada pelanggan di beberapa stasiun wilayah Daop 4 Semarang.
Para petugas pelayanan ekstra tersebut disiagakan di 6 stasiun wilayah Daop 4 Semarang, yakni Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng, Stasiun Semarang Poncol, Stasiun Tegal, Stasiun Pemalang, Stasiun Pekalongan dan Stasiun Cepu.
Ning S