blank
Kegiatan Brilian Bassama bagi klien pemasyarakatan. Foto: Humas

SALATIGA (SUARABARU.ID) – Balai Pemasyarakatan (Bapas) Kelas I Semarang kembali melaksanakan program Bimbingan Kepribadian dan Kemandirian Keliling (Brilian Bassama) bagi klien pemasyarakatan.

Kegiatan yang berlangsung di Kantor Kelurahan Gendongan, Kecamatan Tingkir, Kota Salatiga ini diikuti oleh 17 klien pemasyarakatan.

Pada kesempatan ini klien pemasyarakatan mendapat materi penyuluhan bahaya judi online dan pelatihan pembuatan es dawet. Program ini bertujuan untuk membekali para klien dengan keterampilan yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kemandirian ekonomi setelah mereka kembali ke masyarakat.

Kepala Bapas Kelas I Semarang, Sarwito, melalui Kasubsi Registrasi Klien Anak, Adhi Nur Cahyo menyampaikan pentingnya keterampilan sebagai bekal hidup setelah menjalani pembinaan.

“Program ini diharapkan mampu memberikan motivasi kepada para klien agar mereka dapat kembali ke masyarakat dengan keterampilan baru yang bisa dimanfaatkan untuk menciptakan peluang usaha,” ujar Adhi.

Plt. Lurah Gendongan, Buang S. Utomo, menyambut baik kegiatan bimbingan yang diadakan di wilayahnya. Ia berharap para peserta dapat memanfaatkan pelatihan ini dengan baik.

“Kami sangat mendukung kegiatan seperti ini karena dapat memberikan dampak positif, tidak hanya bagi peserta, tetapi juga bagi masyarakat sekitar yang nantinya bisa melihat perubahan baik dari para klien pemasyarakatan,” katanya.

Salah satu klien yang mengikuti kegiatan, DY menyampaikan terima kasih kepada Bapas Semarang. Melalui kegiatan Brilian Bassama ini ia tak perlu jauh-jauh ke Kantor Bapas untuk mendapatkan layanan bimbingan.

“Terima kasih sudah mendekatkan layanan bimbingan kepada kami, semoga kegiatan seperti ini diperbanyak lagi diberbagai tempat lain, ” harapnya.

Penyuluhan dan pelatihan pembuatan es dawet ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan pembimbingan kemandirian keliling (Brilian Bassama) yang rutin diselenggarakan Bapas Semarang, sebagai bagian dari inovasi pelayanan dan mendukung program rehabilitasi dan reintegrasi sosial klien pemasyarakatan.

Ning S