blank
Bidang Kemahasiswaan USM, menggelar sosialisasi Pilmapres, yang digelar di Ruang Seminar Modern lantai 9 Menara USM, Selasa (22/10/2024). Foto: dok/usm

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Universitas Semarang (USM) melalui Bidang Kemahasiswaan menggelar sosialisasi Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres), di Ruang Seminar Modern lantai 9 Menara USM, Selasa (22/10/2024).

Kegiatan sosialisasi ini dibuka Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan USM, Dr Muhammad Junaidi SHI MH. Dalam sambutanya dia mengatakan, tujuan sosialisasi Pilmapres tingkat universitas itu, untuk memberikan pembekalan bagi para Wakil Dekan, Kaprodi serta dosen pendamping.

Selain itu juga, untuk memberikan kisi-kisi sesuai dengan pedoman Pilmapres. ”Kami berharap, dukungan dari para dosen untuk membimbing mahasiswa yang akan disiapkan untuk mengikuti Pilmapres,” kata Junaidi.

BACA JUGA: Ekspor Produk Perikanan Jateng Terus Meningkat, Sekda Dorong Hilirisasi

Kegiatan ini juga menghadirkan narasumber Juri Pilmapres Nasional-Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kemendikbudristek 2020-2023, yang juga sebagai Review Nasional Program Kreativitas Mahasiswa, Susatyo Nugroho Widyo Pramono ST MM.

Dalam paparanya, Susatyo menyebutkan, ada tujuh kategori dalam Pilmapres yaitu kompetisi, pengakuan, penghargaan, karya organisasi, karya cipta, Pengabdian kepada masyarakat dan Kewirausahaan. Mahasiswa juga harus aktif berbahasa Inggris.

Sementara itu, mahasiswa Fakultas Psikologi USM, Yunita menambahkan, Pilmapres ini penting untuk diadakan, karena sebagai ajang apresiasi kepada mahasiswa. Pilmapres juga menjadi salah satu ajang untuk memberikan apresiasi ke mahasiswa.

BACA JUGA: Apel Hari Santri Nasional 2024 di Blora Pj Gubernur Serahkan Bantuan Keagamaan

Menurut dia, mereka yang ikut Pilmapres itu tidak hanya menunjukkan prestasinya di bidang akademik, tetapi juga memberikan kontribusi di bidang lainnya. Bisa itu kontribusi pengetahuan mereka dalam sustainable development, social walfare dan kontribusi positif lainnya bagi masyarakat sekitar.

”Selain itu juga, dengan adanya Pilmapres ini akan menginspirasi lebih banyak mahasiswa untuk lebih berprestasi dan berinovasi,” ungkapnya.

Riyan