blank
Wakil Rektor Bidang Kerja Sama dan Kealumnian UKSW Prof. Yafet Yosafat Wilben Rissy. Foto: UKSW

SALATIGA (SUARABARU.ID) – Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) kembali membuka kesempatan emas bagi putra putri terbaik, melanjutkan pendidikan di bangku perkuliahan.

Kali ini, UKSW membuka Beasiswa Diakonia yang ditujukan untuk lulusan SMA/SMK di seluruh Indonesia pada admisi tahun akademik 2025/2026.

Wakil Rektor Bidang Kerja Sama dan Kealumnian UKSW Prof. Yafet Yosafat Wilben Rissy dalam keterangannya, Rabu (23/10/2024), mengungkapkan bahwa Beasiswa Diakonia merupakan wujud komitmen UKSW untuk mendukung pendidikan tinggi di Indonesia, sekaligus sebagai bentuk ucapan terima kasih atas dukungan 18 sinode gereja kepada UKSW.

Beasiswa ini juga bertujuan untuk mempersiapkan dan melengkapi skill serta pengetahuan warga gereja untuk menghadapi tantangan ke depan yang semakin kompleks. Bagi calon mahasiswa baru yang lolos Beasiswa Diakonia, UKSW akan menanggung 100% biaya kuliah, tidak termasuk biaya hidup.

“Diharapkan, kelak penerima Beasiswa Diakonia dapat melayani gereja dan masyarakat lebih baik lagi sesuai dengan kompetensi yang dimiliki. Selain sebagai bentuk terima kasih atas dukungan 18 sinode gereja kepada UKSW, melalui beasiswa ini UKSW juga ingin memberikan kesempatan melanjutkan kuliah bagi semua anak bangsa dari berbagai pelosok daerah,” kata Prof. Yafet Rissy yang juga Guru Besar Bidang Ilmu Hukum dan Ekonomi, Rabu (23/10/2024).

Menurut Prof. Yafet Rissy, Beasiswa Diakonia dibagi menjadi 2 skema, yaitu Beasiswa Diakonia Karitatif dan Beasiswa Diakonia Prestasi. Skema karitatif ditujukan untuk calon mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu secara ekonomi, sedangkan skema prestasi diberikan bagi calon mahasiswa yang memiliki prestasi akademik.

“Dengan adanya Beasiswa Diakonia ini, kami berharap eksistensi UKSW sebagai Kampus Indonesia Mini semakin kuat dengan adanya mahasiswa dari berbagai sinode gereja pendukung. Selain itu, ini adalah upaya UKSW untuk merawat spirit toleransi dan ke-Indonesiaan,” imbuh Prof. Yafet Rissy yang juga Ketua Komite Beasiswa UKSW.

Dibuka untuk puluhan Prodi

Beasiswa Diakonia dengan skema karitatif, terbuka untuk 20 pilihan program studi (prodi) yang ada di UKSW. Ke-20 prodi tersebut adalah Prodi Destinasi Pariwisata, Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, Prodi Sastra Inggris, Prodi Seni Musik, Prodi Manajemen, Prodi Ilmu Ekonomi, Prodi Akuntansi, Prodi Ilmu Hukum, Prodi Sosiologi, Prodi Ilmu Komunikasi, Prodi Hubungan Internasional, Prodi Bimbingan Konseling, Prodi Pendidikan Sejarah, Prodi Pendidikan Ekonomi, Prodi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Prodi Pendidikan Guru – Pendidikan Anak Usia Dini, Prodi Psikologi, Prodi Hubungan Masyarakat, dan Prodi Ilmu Teologi.

Sedangkan untuk Beasiswa Diakonia Prestasi, dibuka untuk 22 pilihan prodi. Ke-22 prodi tersebut adalah Prodi D3 Teknik Informatika, Prodi Biologi, Prodi Pendidikan Biologi, Prodi Ilmu Keperawatan, Prodi Gizi, Prodi Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, Prodi Teknologi Pangan, Prodi Pendidikan Matematika, Prodi Agroteknologi, Prodi Agribisnis, Prodi Fisika, Prodi Pendidikan Fisika, Prodi Kimia, Prodi Matematika, Prodi Teknik Elektro, Prodi Teknik Komputer, Prodi Teknik Informatika, Prodi Sistem Informasi, Prodi Desain Komunikasi Visual, Prodi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, Prodi Perpustakaan dan Sains Informasi, dan Prodi Bisnis Digital.