blank
Pembina apel Titik Sri Indarwati S.Pd.I

JEPARA (SUARABARU.ID) – Hari Santri Nasional diperingati tiap tanggal 22 Oktober, demikian pula SDN 3 Tubanan hari ini Selasa, 22 Oktober 2024 memperingati hari Santri dengan berbagai macam kegiatan. Kegiatan di awali dengan apel peringatan hari Santri di halaman SDN 3 Tubanan.

Pembina apel Titik Sri Indarwati, S.Pd.I mengatakan, “Santri merupakan agen perubahan di masyarakat, santri dari siswa- siswi SDN 3 Tubanan merupakan generasi penerus bangsa yang memiliki kewajiban belajar… belajar dan belajar, berperilaku sopan berakhlak mulia, meneruskan perjuangan para kyai.”

blank
Peringatan Hari Santri di SDN 3 Tubanan

Peringatan hari Santri bertujuan untuk mengingat kembali dan meneruskan perjuangan para Kyai. Sebagai agen perubahan, penerus perjuangan para kyai, santri harus menjadi teladan dalam kehidupan sehari- hari. Nilai- nilai kejujuran, disiplin, tanggung jawab, dan gotong royong harus diajarkan pada para santri, baik santri yang berada di pondok pesantren maupun tidak. Santri menjadi agen perubahan di masyarakat, bertanggung jawab sebagai generasi penerus bangsa, menuju Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) aman, tentram, damai, dan maju.

Selesai apel di halaman sekolah, peserta didik beserta dewan guru bersalaman. Hal ini merupakan penerapan budaya positif di SDN 3 Tubanan yang selalu dicontohkan dewan guru kepada peserta didik. Apel pagi, berdoa bersama, dan bersalaman menumbuhkan karakter peserta didik menjadi pelajar Pancasila.

Tak berhenti di situ, setelah istirahat sejenak aktivitas dimulai lagi. Ary Setyaningsih selaku guru kelas 5 dibantu proktor dan teknisi, menyiapkan ruang dan peserta didiknya untuk melaksanakan gladi bersih ANBK. Gladi bersih ANBK sesi dua diikuti 12 peserta dari kelas lima.

Di ruang lain ada kegiatan berbeda, kelas 1 dan kelas 2 mewarnai gambar masjid dan kaligrafi. Sedangkan di mushola SDN 3 Tubanan digelar latihan nulis khad, adzan, iqomah, dan sholat ( baik sebagai makmum dan sebagai imam). Peserta kegiatan dari kelas 3 sampai kelas 6 ( kecuali siswa kelas 5 yang mengikutinya gladi bersih ANBK sesi dua).

Peringatan hari Santri bertujuan meningkatkan akhlak kita baik dewan guru maupun siswa -siswi SDN 3 Tubanan, kata Rissetyaning, S.Pd.SD. Sesuai dengan tema peringatan hari Santri saat ini yaitu “Menyambung Juang Merengkuh Masa Depan” harapan kami adalah para santri dari SDN 3 Tubanan dapat meneruskan perjuangan para Kyai dengan belajar yang sungguh-sungguh, menggapai masa depan cerah, ucapnya.

Pelatihan menulis khad, persholatan, adzan dan iqomah oleh Titik Sri Indarwati, S.Pd.SD selaku guru Pendidikan Agama Islam dibantu rekan sejawatnya guru kelas di musholla SDN 3 Tubanan. Siswa- siswi pelatihan menulis khad dengan mencontoh teks Asmaul Husna, mereka semangat menulis. Dari kegiatan ini diharapkan tumbuh minat siswa dalam menulis khad, dan akan terlihat siswa yang memiliki bakat dalam menulis khad, ke depan harapan kami dapat dikembangkan lagi dan siswa berkesempatan mengikuti lomba Mapsi.

Latihan sholat, adzan, dan iqomah diikuti siswa- siswi dengan semangat, kegiatan ini digelar agar siswa- siswi mampu mendirikan sholat dengan baik, dengan bacaan yang benar. Dan untuk siswa laki- laki diharapkan bisa adzan dan iqomah.

Di akhir kegiatan dewan guru dan siswa peserta kegiatan peringatan hari Santri menyanyi bersama Mars Hari Santri diiringi alunan musik, suasana ramai peserta semangat dan bahagia. Dengan peringatan hari Santri Nasional membawa kebaikan dan meningkatkan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas karunia- Nya Negara Kesatuan Repulik Indonesia (NKRI) yang merdeka, subur, makmur, dan damai.

Penulis, Rofiatun guru SDN 3 Tubanan