blank
Randy Ratulangi (kiri), mengawasi Latihan petembak putri di lapangan menembak Jatidiri Semarang. Dijadwalkan, Randy akan keliling Jateng untuk memantau sentra pembinaan menembak. Foto: dok/perbakin

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Ketua Umum Pengprov Perbakin (terpilih), Sinyo Haryanto, ternyata sudah ancang-ancang mengembangkan pembinaan, untuk menyiapkan para atletnya menghadapi PON XXII/2028, yang dijadwalkan berlangsung di NTT-NTB.

Sinyo yang secara resmi belum dilantik, sudah melakukan langkah pertamanya, dengan “mengamankan” Randy Ratulangi. Pelatih Nasional itu diminta untuk tetap bertahan di Jawa Tengah, setelah sukses di PON XXI/2024 Aceh-Sumatera Utara, dengan merebut lima medali emas.

”Awalnya, pelatih Randy Ratulangi sudah dipesan Kalimantan Timur, usai PON Aceh-Sumut. Namun oleh Ketua Umum Sinyo Haryanto, Randy diikat untuk terus bekerja di Jateng,” kata Sekum Pengrov Perbakin, Mugiyo Hartono, kepada sejumlah awak media, yang ditemui setelah rapat persiapan panitia pelantikan Pengprov, belum lama ini.

BACA JUGA: Gus Nung dan Askowanu Gelorakan Resolusi Jihad Perangi Kemiskinan

Langkah berikutnya dari Pengprov Perbakin yakni, menggelar Pemantuan Sentra Pembinaan Menembak di Kabupaten/Kota. Perbakin Jateng juga sudah meminta kepada Pengkot/Pengkab Perbakin, untuk menyiapkan waktu pelaksanaannya.

”Nanti pelatih Randy akan keliling Jawa Tengah. Di tiap-tiap kabupaten, akan dilakukan pemantauan selama seminggu,” jelasnya.

Sementara itu, Randy Ratulangi yang sedang menunggui atlet putri Niken Silvana, Raina dan Kayne berlatih di lapangan menembak Jatidiri Semarang, membenarkan adanya program itu.

BACA JUGA: Sekda Jateng Dorong Developer Lakukan Sertifikasi dan Registrasi Pengembang Perumahan

”Nanti bukan hanya atlet-atlet yang diberi pengarahan tentang teori menembak. Para pelatih di Kabupatan/Kota, juga menjadi sasaran kami untuk peningkatan kualitas kepelatihannya,” imbuh Randy.

Sejak surat pemberitahuan diedarkan ke Pengkab/Pengkot, saat ini sudah ada tiga daerah yang mengajukan diri menjadi penyelenggara, Banyumas, Surakarta dan Magelang.

Dijelaskannya, program dalam pemantauan menembak meliputi, Latihan, Pre dan Post Test, Konsep Latihan Fisik dan Mental, Latihan Teknik Menembak serta Refleksi dan Evaluasi Capaian. ”Semua akan kami benahi, bagaimana teknik menembak yang betul. Ini angat penting, karena dasar dari teori akan menentukan hasil dan prestasi,” terang dia.

BACA JUGA: Grand Opening Klinik dan Apotek Yasyfina PCNU Wonosobo

Randy Ratulangi sendiri merupakan pelatih Tim Nasional Indonesia, sebelum direkrut Jateng menjadi pelatih tim PON ke Aceh-Sumut. Pengalaman melatih meliputi Binlat PB Perbakin 2022-2023, pelatih tim Sulawesi Utara (PON XX/2021).

Lalu pernah juga di Pelatnas PB Perbaikin 2019-2021, dan pelatih tim Jawa Barat pada PON XIX/2016. Adapun sertifikat yang dimiliki tertinggi tingkat internasional (ISSF) klasifikasi D/2018.

Riyan