blank
262 lowongan kerja ditawarkan dalam Job Fair 46 UKSW. Foto: UKSW

SALATIGA (SUARABARU.ID) – Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) kembali menggelar Job Fair 46, acara tahunan yang selalu dinanti oleh para lulusan dan pencari kerja.

Dengan tema “Discover Your Dream Jobs”, acara ini resmi dimulai pada Kamis (17/10/2024) dan akan berlangsung hingga Jumat (18/10/2024) di Balairung UKSW. Sejak pagi hari, suasana di lokasi sudah dipenuhi dengan ratusan pencari kerja yang antusias untuk mendapatkan kesempatan bekerja di perusahaan impian mereka.

Sebanyak 30 perusahaan nasional, dan internasional, serta sekolah berpartisipasi dalam acara ini, menawarkan lebih dari 262 posisi pekerjaan di berbagai bidang. Acara ini terbuka untuk umum, sehingga siapa saja, baik lulusan perguruan tinggi, SMA/SMK, maupun masyarakat yang sedang mencari peluang kerja, dapat berpartisipasi. Selain bagi lulusan, Job Fair ini juga membuka peluang bagi mahasiswa yang mencari pengalaman magang.

Menurut Theresia Evy Yeniarti, S.E., Ketua Panitia Job Fair, acara ini memberikan fasilitas rekrutmen langsung berupa psikotes dan wawancara di tempat, sehingga proses lamaran dapat dilakukan dengan lebih cepat. “Ini adalah kesempatan bagi pencari kerja untuk langsung diseleksi tanpa harus menunggu lama,” ujarnya.

Job Fair UKSW, bekerja sama dengan Language Training Center (LTC) UKSW, menyediakan free trial tes TOEFL, IELTS, dan TOEIC. Fasilitas ini dilengkapi dengan Tes Kepribadian Dominance, Influence, Steadiness dan Compliance (DISC) dan Tes Minat Self Directed Search (SDS), hasil kolaborasi dengan Fakultas Psikologi, yang membantu peserta mendapatkan gambaran cepat tentang kepribadian dan minat mereka.

Membangun solusi ekonomi nasional

Sebelum membuka acara dengan pemukulan gong, Wakil Rektor Bidang Kerja Sama dan Kealumnian (WR KK) UKSW, Prof. Yafet Yosafet Wilben Rissy, menyampaikan, bahwa di tengah kondisi ekonomi nasional yang sedang mengalami tantangan, UKSW tetap berkomitmen untuk membantu masyarakat, khususnya para lulusan, dalam menemukan peluang kerja.

“Di saat banyak perusahaan mengalami kesulitan ekonomi dan PHK semakin meningkat, UKSW hadir dengan solusi yang dapat membantu lulusan dan masyarakat umum untuk tetap optimis,” katanya.

Dalam sambutannya, Prof. Yafet menegaskan, UKSW terus mengembangkan lulusan yang menjadi bagian dari creative minority, sekelompok individu yang mampu memberikan inovasi, dampak, dan kontribusi nyata di tengah masyarakat. Dengan rekognisi internasional QS Stars Rating bintang lima untuk employability, UKSW menjadi salah satu perguruan tinggi yang diakui dalam mempersiapkan lulusan yang siap terjun ke dunia kerja dengan masa tunggu yang singkat.

Kolaborasi bersama perusahaan terkemuka

Job Fair 46 UKSW juga menjadi ajang bagi perusahaan ternama untuk menjaring talenta berbakat. Astra Credit Companies, PT Bank Digital BCA (BCA Digital), PT BRI (Persero) Tbk, PT Solo Murni, PT Waleta Asia Jaya, PT Asuransi Sinar Mas, Indomaret Group, PT Tong Tji Tea Indonesia, BPK Penabur Jakarta, PPPK Petra, dan Yayasan Citra Berkat adalah beberapa di antara perusahaan yang berpartisipasi.