Ribuan massa relawan Rumah Kebangsaan mendeklarasikan dukungan kepada pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Semarang, Agustina Wilujeng dan Iswar Aminuddin, Sabtu malam 12 Oktober 2024. foto : hery priyono/sb.id

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Ribuan massa yang berasal dari perwakilan 16 Kecamatan se-Kota Semarang menghadiri acara deklarasi dukungan pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Semarang, Agustina Wilujeng dan Iswar Aminuddin, dalam kontestasi Pemilihan Walikota Semarang 2024.

Acara yang digelar di Posko Pemenangan Jaguar (Jagoanku Agustin Iswar) di Jalan Dr. Cipto ini diinisiasi oleh relawan Rumah Kebangsaan yang telah eksis sebagai rumah kerukunan dan kebudayaan sejak 2017 lalu.

Nunung Sriwiyanto selaku koordinator Rumah Kebangsaan mengatakan bahwa ini adalah sebagai rumah berkumpulnya pengusaha, wiraswasta, pelaku UMKM, seniman, tokoh agama, dan bahkan ada juga para penghayat kepercayaan yang berkumpul di sini.

“Rumah kebangsaan adalah wadah bagi mereka yang siap mendukung dan bersinergi dengan Mbak Agustin dan Mas Iswar jika terpilih sebagai pemimpin Kota Semarang untuk lima tahun kedepan,” katanya usai deklarasi Sabtu malam 12 Oktober 2024.

Adapun alasannya mendukung pasangan Agustina dan Iswar adalah rekam jejak mereka berdua yang sudah lama memiliki keberpihakan bagi para pelaku seni dan budayawan di Kota Semarang.

Kordinator Rumah Kebangsaan, Nunung Sriwiyanto, menerima 10 visi misi pasangan calon Mbak Agustin & Mas Iswar saat deklarasi dukungan di Posko Pemenangan paslon nomor urut 1, Sabtu malam 12 Oktober 2024. foto : hery priyono/sb.id

Tak ketinggalan, dalam deklarasi tersebut, hadir sebagai pemberi Tausiah dari Pondok Pesantren Santri Dalan (Sandal) yaitu Gus Huda. Ulama muda yang aktif membina masyarakat Pleburan itu menyampaikan pentingnya kerukunan walaupan hidup dalam perbedaan

“Jadi kerukunan sejati adalah ketika meyakini benar apa yang kita yakini tapi kita saling menjaga agar tidak terjadi perselisihan dalam menjalankan keyakinan tersebut,” ujarnya.

Gus Huda menyitir sebuah riwayat dari Nabi Muhammad SAW mengenai pentingnya kerukunan agar tercipta tata masyarakat yang tertib.

“Nabiyullah Rasulullah Muhammad SAW bahkan pernah mengatakan jika ada seorang yang berbeda agama disakiti, maka sama saja dengan menyakiti beliau. Itu adalah pesan kerukunan yang diajarkan oleh beliau agar tatanan masyarakat tidak penuh dengan kekacauan,” tuturnya.

Sementara itu, Agustina Wilujeng selaku Calon Wali Kota Semarang yang hadir dalam acara tersebut memberikan apresiasi tinggi kepada Rumah Kebangsaan.

“Apresiasi setinggi-tingginya untuk Rumah Kebangsaan yang mau membantu kami, bukan hanya untuk menang, tapi juga untuk membantu kami nanti jika mendaapatkan amanah menjalankan pemerintahan di Kota Semarang,” tuturnya.

Agustina melanjutkab bahwa dirinya dan Iswar Aminuddin merupakan pasangan yang pas karena memiliki latar belakang yang berbeda tapi saling melengkapi.

“Apalagi kami ini pasangan yang pas karena saya sudah sering berkumpul dengan agamawan, seniman, dan budayawan. Sedangkan Pak Iswar memiliki kemampuan di bidang infrastruktur yang biaa memfasilitas para budayawan dengan memperbaiki atau membangun fasilitas untuk mereka,” ungkapnya.

Kemudian Iswar Aminuddin meminta kepada masyarakat agar tidak meragukan kapasitas Agustina karena pengalaman panjangnya menjadi legislator sejak 1999.

“Jangan pernah meragukan keberpihakan Bu Agustina ke dunia budaya dan pendidikan. Program Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) yang sekarang dinikmati oleh warga adalah buah karya beliau yang periode lalu menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi X DPR RI,” tutupnya.

Hery Priyono