Untuk mengawali kegiatan melaksanakan patroli kemanan bersakala besar, dilakukan apel bersama yang dipimpin Kabag Ops Polres Wonogiri Kompol Agus Syamsudin.(Humas Polres Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Bersamaan dengan kegiatan menggelar patroli skala besar, Polres Wonogiri membuka pelayanan kepolisian ”Lapor Pak Kapolres.” Warga masyarakat, sewaktu-waktu dapat melaporkan segala hal tentang Kamtibmas, ke Nomor 082131152004 atau di Call Center 110.

Kapolres Wonogiri AKBP Jarot Sungkowo melalui Kasi Humas Polres AKP Anom Prabowo, Sabtu (12/10/24), menyatakan, untuk cipta kondisi pelaksanaan tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024, Polres Wonogiri mengintensifkan patroli berskala besar.

Tujuannya, untuk memelihara keamanan ketertiban masyarakat (Harkamtibmas), agar situasinya tetap kondusif. Patroli skala besar, sebagaimana dilakukan Jumat malam (11/10/24), diawali dengan apel bersama dipimpin Kabag Ops Polres Wonogiri, Kompol Agus Syamsudin.

Patroli skala besar ini, melibatkan para personel dari berbagai satuan yang ada di Polres Wonogiri. Seperti dari Sat Lantas, Binmas, Sat Reskrim, Sat Narkoba, Sat Samapta, Provos, Intel dan Humas. Bersamaan itu, patroli skala besar diikuti oleh semua Polsek se jajaran di 25 wilayah kecamatan se Kabupaten Wonogiri, dengan menggandeng personel TNI dari Koramil dan aparat dari Kantor Kecamatan.

Disamping menyambangi tempat-tempat hiburan malam, patroli skala besar juga merazia knalpot brong, serta segala bentuk pelanggaran hukum yang dapat berpotensi mengganggu situasi Kamtibmas. Sasaran patroli skala besar, menyambangi pula sejumlah tempat yang menjadi pusat keramaian publik dan tempat sepi yang dinilai rawan kemunculan tindak kriminalitas.

Merondai

Patroli skala besar juga merondai Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Kantor Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Wonogiri, sebagai institusi penyelenggara Pemilu Bupati-Wakil Bupati dan Pemilu Gubernur-Wakil Gubernur 2024.

Penegasan Kapolres sebagaimana disampaikan Kasi Humas AKP Anom Prabowo, menyebutkan, patroli skala besar ini juga merupakan langkah proaktif jajaran kepolisian di Wonogiri, untuk mencegah dan mengantisipasi kemunculan tindak kejahatan. ”Kami ingin, masyarakat merasa aman dan nyaman dalam beraktivitas sehari-hari, terutama di masa menjelang Pilkada ini,” tegasnya.

Polres Wonogiri, mengajak warga masyarakat untuk ikut berperan aktif menjaga keamanan dan ketertiban. Yakni dengan melaporkan hal-hal mencurigakan yang ada di wilayah hukum Polres Wonogiri, melalui layanan kontak ”Lapor Pak Kapolres” di nomor 082131152004 atau Call Center 110.

Harapannya, melalui layanan ”Lapor Pak Kapolres” ini, dapat memudahkan masyarakat dalam mempercepat penyampaian laporan kejadian, atau temuan kemunculan gangguan Kamtibmas di wilayah Kabupaten Wonogiri. Terhadap laporan masyarakat, Polres Wonogiri akan memberikan tanggapan cepat atau bertindak secara responsif.(Bambang Pur)