Menpora Dito (t-shirt hitam), berfoto bersama para atlet disabiltas yang mengikuti ajang Peparnas XVII/2024 Solo. Foto: dok/peparnas

SOLO (SUARABARU.ID)– Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Dito Ariotedjo menilai, venue pada ajang Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVII/2024 Solo, sekelas Paralimpiade.

Hal itu seperti yang diungkapkan Menpora Dito, saat meninjau sejumlah venue Peparnas 2024, pada Senin (7/10/2024). ”Venuenya bagus dan baik sekali. Saya nonton Powerlifting (para angkat berat), tidak kalah dengan Paralimpiade, sangat bagus. Ini saya cek yang outdoor, atletik juga sangat baik,” kata dia, saat berada di Stadion Sriwedari, Solo.

Dito juga mengecek sejumlah venue Peparnas, antara lain anggar kursi roda di Solia Zigna Hotel, para angkat berat di The Sunan Hotel Solo, judo tuna netra di Swissbel Inn Saripetodjo, dan para e-sport di Adhiwangsa Hotel.

BACA JUGA: Kemenag Terima Penghargaan sebagai Penyelenggara Inovasi Pelayanan Publik Terbaik 2024

Menpora pun mengapresiasi penyelenggara Peparnas XVII, yang dinilai sukses menggelar ajang olahraga multievent bagi atlet penyandang disabilitas ini. ”Peparnas ini momentum untuk menyiapkan diri ke ajang Paralimpiade, ASEAN Para Games, dan Asian Para Games,” tutur Dito.

Dia juga menyebut, Kota Solo sangat siap sebagai tuan rumah penyelenggaraan Peparnas tahun ini. Menpora juga mengakui hari pertama penyelenggaraan pertandingan Peparnas XVII berjalan sangat baik.

Seperti diketahui, total ada 20 cabang olahraga yang dipertandingan pada Peparnas kali ini. Jadwal, venue pertandingan dan update perolehan medali lengkap, bisa dicek secara langsung via laman resmi Peparnas XVII/2024.

Riyan