Briefing dan doa para pegiat lingkungan, seniman dan budayawan yang ambil bagian dalam penanaman mangrove di Empu Rancak, Sabtu 5 Oktober 2025. Foto: Septiana

JEPARA (SUARABARU.ID) – Beberapa komunitas pecinta alam mengadakan penanaman pohon mangrove sebagai salah satu rangkaian acara Festival Layangan 2024 Layang Pandansari yang diadakan di Pantai Empurancak, Mlonggo, Jepara, Sabtu (5/10-2024) sore.

Budayawan Brodin saat melakukan penanaman mangrove sebagai awal dimulainya penanaman oleh peserta. Foto: Septiana

Sejumlah  komunitas pecinta alam serta para siswa pecinta alam  turut serta hadir, diantaranya Sekber Pecinta Alam Jepara, Jepara Green Generation Jepara Community, Sispala APEL SMAN 1 Bangsri, Afpala, Sportapala dan masih banyak lagi.

Acara diawali dengan briefing dan doa bersama yang dipimpin oleh Maimun, ketua Sekertariat Bersama Pecinta Alam Jepara (Sekber PAJ). Dilanjutkan dengan penanaman  secara simbolis pohon mangrove oleh  budayawan  Fahrudin  selaku penggiat sosial dan seni di Jepara,   Amin pegiat penanaman mangrove pesisir pantai Jepara dan para peserta penanaman mangrove.

Peserta mengambil pohon mangrove untuk ditanam bersama. Foto: Septiana

Sebagaimana yang dikatakan oleh Maimun, bahwa penanaman ini bertujuan agar daerah tanam dapat menahan dan mencegah abrasi pantai serta menahan angin yang mengandung kadar  garam sehingga tidak menuju ke area persawahan warga. Sebab akan menurunkan produktifitas lahan.

Amin pegiat lingkungan pesisir saat menanam mangrove. Foto: Septiana

Kedepannya jika pohon sudah tumbuh besar dan rindang, maka dapat untuk menjadi wisata edukasi serta dapat menambah asupan oksigen di area pantai Empurancak,  tambah Maimun di sela kegiatan penanaman mangrove yang sedang berlangsung.

Hadepe – Septiana