Nana Sudjana meresmikan pabrik ke-56 PT Samator Indo Gas yang terletak di Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB) pada Senin, 30 September 2024. Foto: Humas Pemprov

BATANG (SUARABARU.ID)– Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana meresmikan pabrik ke-56 PT Samator Indo Gas yang terletak di Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB) pada Senin, 30 September 2024.

Menurut Nana, keberadaan pabrik Samator ke-56 atau kedua di Jawa Tengah itu dapat menambah suplai oksigen di wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Hasil produksi berupa oksigen, dinitrogen, hidrogen, argon, dan sejenisnya, sangat penting untuk industri seperti kesehatan, manufaktur, dan energi.

“Kami menyambut baik dan mengucapkan selamat, karena memang oksigen ini sangat dibutuhkan,” katanya usai peresmian.

Berdirinya pabrik ke-56 PT Samator tersebut juga dapat menarik minat para investor baik asing maupun dalam negeri, untuk berinvestasi di Jawa Tengah, khususnya di KITB. Sebab, produk PT Samator juga dapat memenuhi kebutuhan industri lainnya. Sejauh ini sudah ada 21 perusahaan yang sudah masuk ke KITB dan sedang membangun pabrik.

“Ke depan investasi di Jawa Tengah terus meningkat. Apalagi Jawa Tengah ditetapkan sebagai penumpu pangan dan industri,” jelasnya.