Polres Wonogiri menggelar patroli skala besar secara gabungan. Melibatkan semua satuan, bersama perosnel TNI AD Kodim 0728, Satpol-PP dan aparat dari dinas terkait.(Humas Polres Wonogiri)
WONOGIRI (SUARABARU,ID) – Polres Wonogiri Pimpinan Kapolres AKBP Jarot Sungkowo, menggelar patroli gabungan skala besar. Ini dilakukan dalam rangka cipta kondisi untuk pengamanan tahapan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024.

Sebagaimana diketahui, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Wonogiri terhitung mulai Tanggal 25 Sepotember 2024 lalu sampai dengan Tanggal 23 Nopember 2024, telah mengagendakan waktu kampanye. Baik kampanye untuk Pemilihan Bupati-Wakil Bupati Wonogiri, dan Pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur Jawa Tengah (Jateng).

Kasi Humas Polres Wonogiri AKP Anom Prabowo, Minggu (29/9/24), menyatakan, patroli gabungan skala besar dilaksankan Sabtu malam (28/9/24)  sampai Minggu dinihari tadi (29/9/24). Tujuannya, untuk mewujudkan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat di wilayah Kabupaten Wonogiri. Mewujudkan situasi Kamtibmas yang kondusif, utamanya yang berkaitan dengan pelaksanaan tahapan Pilkada.

Sebelum melaksanakan kegiatan patroli, para personel TNI-Polri bersama SatPol-PP dan aparat dari instansi terkait, lebih dahulu menggelar apel kesiapsiagaan di halaman Pendapa Kantor Kabupaten Wonogiri. Apel kesiapsiagaan, dipimpin oleh Kabag Ops Polres Wonogiri Kompol Agus Syamsudin.

Dalam pelaksanaanya, kegiatan patroli gabungan berskala besar tersebut, dibagi menjadi 2 regu, yang menyasar ke berbagai titik atau lokasi yang dianggap rawan terhadap gangguan Kamtibmas di wilayah Kabupaten Wonogiri.

Kapolres Wonogiri AKBP Jarot Sungkowo, melalui Kasi Humas AKP Anom Prabowo, menegaskan, patroli gabungan bersakala besar ini, bertujuan untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat. Juga demi menjauhkan dari kemunculan gangguan Kamtibmas.

Strategis

Patroli gabungan berskala besar ini, menjangkau lokasi-lokasi strategis yang menjadi pusat keramaian publik, sejumlah objek vital (Obvit). Juga menyambangi Kantor Bawaslu dan Kantor KPU Wonogiri berikut gudang penyimpanan logistik Pilkada.

Tim gabungan patroli skala besar, juga mengamankan sejumlah penggal ruas jalan, untuk fokus mengantisipasi kemungkinan kemunculan kejahatan jalanan. Termasuk juga mengantisipasi aksi balap liar, premanisme, serta segala bentuk pelanggaran hukum yang dapat mengganggu situasi kamtibmas.

AKP Anom, menambahkan, jajaran kepolisian berkomitmen mewujudkan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat, terutama di waktu mejelang Pilkada 2024. Diantaranya melakukan patroli skala besar, sebagai langkah preventif untuk mencegah kemunculan tindak kriminalitas dan berbagai aksi yang dapat memicu gangguan Kamtibmas.

Ditegaskannya, kegiatan patroli skala besar ini juga dilaksanakan secara serentak oleh semua Polsek se jajaran Polres Wonogiri. Hal tersebut sebagai upaya strategis dalam meningkatkan keamanan dan ketertiban masyarakat di seluruh wilayah Kabupeten Wonogiri.

Sampai kegiatan patroli bersakala besar berakhir, tidak ditemukan kejadian menonjol. Situasi di wilayah Wonogiri terpantau aman dan kondusif. Meski demikian, pihak Polres Wonogiri terus melakukan pengawasan secara berkala, guna memastikan bahwa keamanan tetap terjaga.(Bambang Pur)