Momen spesial HUT KAI ke-79, Daop 4 Semarang bagikan ribuan cup kopi gratis kepada pelanggan KA (28/9/2024). Foto: Humas

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Meriahkan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) KAI ke-79, Daerah Operasi (Daop) 4 Semarang menggelar kegiatan “Ngopi Bang” (Ngopi Bareng Penumpang).

Dalam kegiatan ini pihaknya bekerja sama dengan Strada Coffee, Cold n Brew dan Loko Cafe.

Pada kegiatan ini, KAI membagikan seribu cup kopi gratis kepada para penumpang dan masyarakat yang berada di Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng, Sabtu (28/9/2024) yang berlangsung mulai pukul 15.00 hingga 20.00 WIB dengan tema “Kopi Gratis di Hari Spesial KAI untuk Pelanggan Setia KAI”.

Acara ini menghadirkan barista profesional lokal yang menyajikan seduhan kopi Americano dan Piccolo. Sebagai informasi, Americano adalah kopi hitam yang diseduh dengan menambahkan air panas ke espresso, menghasilkan cita rasa yang ringan namun tetap kuat. Sementara itu, Piccolo adalah varian kopi dengan campuran susu dalam porsi kecil, yang menawarkan rasa lebih creamy dengan keseimbangan antara kekuatan kopi dan kelembutan susu.

Biji kopi yang digunakan dalam acara ini merupakan house blend khas nusantara, yakni perpaduan antara Arabika dan Robusta, yang diambil langsung dari petani kopi Indonesia. Kombinasi ini diharapkan dapat mengenalkan cita rasa kopi lokal kepada masyarakat, sekaligus mengangkat potensi kopi nusantara.

Manager Humas KAI Daop 4 Semarang, Franoto Wibowo, mengatakan, kegiatan ini tidak hanya bertujuan untuk mempererat hubungan dengan pelanggan setia KAI, tetapi juga untuk mensosialisasikan budaya ngopi di kalangan masyarakat Indonesia.

“Kami berharap melalui kegiatan ini, selain memberikan apresiasi kepada pelanggan, juga dapat memperkenalkan budaya ngopi kepada masyarakat luas. Dengan meningkatnya minat terhadap kopi, diharapkan konsumsi kopi lokal juga meningkat, sehingga berdampak positif pada kesejahteraan para petani kopi di Indonesia,” ujar Franoto.

Untuk mendapatkan kopi gratis ini, penumpang maupun masyarakat cukup menunjukkan aplikasi Access by KAI yang telah terinstal di smartphone mereka. Dengan cara yang mudah ini, KAI mengajak seluruh masyarakat yang berada di Stasiun Semarang Tawang ikut merayakan hari spesial ini dengan menikmati secangkir kopi khas nusantara.

KAI Daop 4 Semarang berkomitmen terus memberikan pelayanan terbaik bagi para pelanggannya, tidak hanya melalui layanan transportasi, tetapi juga melalui berbagai kegiatan positif seperti Ngopi Bang.

“Melalui kegiatan ini, kami ingin menghadirkan pengalaman berbeda bagi para penumpang, sembari memperkuat budaya lokal dan memajukan industri kopi Indonesia,” imbuh Franoto.

Ning S