Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut V, Brigadir Jenderal TNI ( Mar) Joni Sulistiawan pimpin Sertijab Danlanal Tegal. Foto: Sutrisno

TEGAL (SUARABARU.ID) – Letkol Laut (P) Rizki Purnama Putra, resmi menjabat Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Tegal, mengantikan pejabat lama Letkol Laut (P) Adi Surono ST, MT, M.Tr.Hanla, CTMP.

Selaku Inspektur Upacara Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) V, Brigadir Jenderal  TNI ( Mar) Joni Sulistiawan SH, M Han, dilaksanakan di Mako Lanal Tegal, Jumat (27/9/24).

Letkol Laut (P) Adi Surono telah menjabat sebagai Komandan Lanal Tegal selama 11 bulan dari tanggal 13 Oktober 2023 sampai 27 September 2024 (350 hari). Selanjutnya Ia diberikan amanat sebagai Pabandya 2 Pangkat Ban lll Binkar Spers TNI Mabbes TNI.

Berbagai prestasi dan program kerja berhasil dituntaskan, termasuk kegiatan komsos dan menggali serta memotori sejarah Tegal dan ALRI  khususnya sejarah ALRI di Kota Tegal, serta silahturahmi kerjasama pelatihan ke sekolah sekolah tingkat menengah .

Dalam amanatnya Danlantamal V, Brigadir Jenderal  TNI (Mar) Joni Sulistiawan, menyampaikan bahwa rotasi pejabat di Lingkungan TNI AL merupakan hal yang wajar. Joni  menyampaikan apresiasi yang tinggi atas dedikasi dan kerja keras Letkol Laut(P) Adi Surono dalam memimpin Lanal Tegal selama ini.

“Terima kasih atas pengabdian dan kontribusi saudara selama memimpin Lanal Tegal. Semoga segala prestasi yang telah diraih bisa menjadi teladan dan motivasi bagi pejabat baru,” ujar Danlantamal V.

Kepada pejabat Danlanal Tegal yang baru, Letkol Laut (P) Rizki Purnama Putra, Danlantamal V menyampaikan bahwa tantangan di Lanal Tegal, dengan wilayah yang luas perlu kesiapsiagaan atas ancaman dan kerawanan.

Selain itu Ia juga berpesan agar selalu menjaga, integritas, kolaborasi dan sineegitas dengan Forkopimda, dan stakeholder, termasuk tokoh masyarakat dan tokoh agama.

Pj Wali Kota Tegal, Dadang Somantri yang hadir dalam giat tersebut berharap Danlanal Tegal yang baru dapat meningkatkan kolaborasi yang sudah terbina dengan baik.

“Saya yakin Danlanal yang baru juga akan sama, karena punya basic yang sama, dan kami siap berkolaborasi seperti yang diharapkan oleh Danlatamal tadi,” pungkas Pj. Wali Kota Tegal.

Ikut hadir Ketua DPRD Kota Tegal sementara Sutari SH MH bersama Forkopimda Kota Tegal.

Sutrisno