Teguh Rokhmani (mengenakan helm) dan para penerima Jumat Berkah di eks Makodim 0709 Panjer, Kebumen, Jumat 27/9.(Foto:SB/Humas BQN)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Perkumpulan Bledek Qiuteres Nusantara (BQN) kembali menggelar Kegiatan Jumat Berkah pada Jumat (27/9).

Kegiatan dilaksakan sesudah Salat Jumat, di sekitar kompleks Stasiun Kereta Api (KA) Kebumen dan eks Kodim 0709 di barat Hotel Mexolie Kebumen.

Perkumpulan Bledek Qiuteres Nusantara telah aktif melaksanakan kegiatan amal sosial dan keagamaan berupa Gerakan Jumat Berkah.

Peluncuran atau launching Gerakan Jumat Berkah dilaksakan pada Jumat 1 Agustus 2024  berlangsung di Pos Komunikasi (Posko) Bledek Qiuteres Nusantara di Simpang Tiga Kedungbener, Kebumen, dengan dihadiri para pengurus BQN dan masyarakat sekitar lokasi kegiatan.

Kegiatan serupa juga terus dilaksanakan DPP BQN secara rutin setiap hari Jumat. Kegiatan Jumat Berkah juga kembali dilaksanakan pada hari Jumat tanggal 27 September 2023 sesudah sholat jumat di sekitar kompleks Stasiun Kereta Api Kebumen dan eks kantor Kodim 07/09 Kebumen sebelah barat Hotel Mexolie Kebumen.

Dokumentasi kegiatan Jumat Berkah DPP BQN.)Foto:SB/Hms BQN)

Ketua Umum DPP BQN Dr Teguh Rokhmani SPd MM menjelaskan, kegiatan ini untuk memanfaatkan dan meraih keberkahan di hari Jumat yang sangat besar. Dengan cara bersedekah kepada para musafir yang lewat di sekitar lokasi tersebut.

Bagi Perkumpulan BQN, Jumat Berkah  ini juga untuk memberikan makan siang secara cuma-Cuma (gratis) yang berisi nasi, lauk, dan sayuran bergizi agar masyarakat yang lewat di sekitar tempat tersebut ikut merasakan keberkahan hari Jumat dan tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli makan.

Posko Jumat Berkah  berlokasi di dekat rumah Dewan Pimpinan Daerah Bledek Qiuteres Nusantara, Toni ST. Kegiatan ini sangat diminati oleh masyarakat yang lewat di tempat tersebut seperti tukang ojek, sales, pekerja  bangunan, para pelajar dan lainnya. Mereka sangat gembira dan berterima kasih dengan kegiatan tersebut.

Tehuh menambahkan, kegiatan  ini juga sebagai salah satu program kerja DPP BQN Bidang Sosial dan Keagamaan bekerja sama Perkumpulan BQN DPD Kebumen, sebagai sarana untuk lebih dekat dan ikut membantu masyarakat.

Melalui kegiatan ini masyarakat juga diajak untuk dapat ikut berpartisipasi mengamalkan ilmu dan ibadah sebagai manifestasi kesalehan sosial.

Dalam perkembangannya banyak permintaan dari masyarakat agar kegiatan Jumat Berkah ini dilaksanakan dengan berpindah-pindah tempat agar lebih banyak masyarakat yang  merasakan manfaat dan berkahnya.

“Sehingga kegiatan Jumat Berkah hari ini kami laksanakan di sekitar Taman Raja eks Kadipaten Panjer yang sSekarang Kabupaten Kebumen,”imbuh pendidik yang juga lulusan S3 UNJ tersebut.

Komper Wardopo