Dr Supari yang juga Rektor USM (kanan), saat hadir dalam pertemuan dengan pengurus PII Pusat, di Kampus Politeknik Pekerjaan Umum, Semarang, Kamis (26/9/2024). Foto: dok/usm

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Ketua Umum Persatuan Insinyur Indonesia (PII) Pusat, Dr Ir Danis Hidayat Sumadilaga MSc mengatakan, seorang insinyur harus bermanfaat bagi masyarakat dan negara.

Menurut dia, Indonesia masih membutuhkan dukungan insinyur di berbagai bidang. Untuk itu, para insinyur harus selalu meningkatkan profesionalismenya.

Hal itu seperti yang diungkapkannya, dalam pertemuan dengan pengurus cabang PII Kota Semarang, di Kampus Politeknik Pekerjaan Umum, Jalan Soekarno-Hatta, Semarang, Kamis (26/9/2024).

BACA JUGA: Pengusaha Perkasa Hebat Jateng Dukung Penuh Pasangan Andika-Hendi

Hadir dalam kegiatan itu antara lain, Penasihat PII Pusat Ir Soeharsojo IPU, Sekjen PII Pusat Ir Bambang Guritno MSc MPA IPU APEC Eng, Ketua Dewan Penasihat Cabang PII Semarang, Ir Brawijaya SE MEng IE MSCE PhD, dan Ketua PII Kota Semarang Dr Supari ST MT IPM yang juga menjabat sebagai Rektor Universitas Semarang (USM).

Dalam keterangannya, Danis menekankan dua tugas pokok pengurus cabang PII Kota Semarang. Pertama, meningkatkan profesionalisme para insinyur melalui pelatihan, pendidikan, dan seminar.

Kedua, para insinyur harus memberikan kontribusi untuk negara Indonsia. ”Dua tugas utama itu yang harus dijalankan melalui program kerja oleh pengurus cabang PII Kota Semarang,” ujarnya.

BACA JUGA: Kemenkumham Jateng Dorong Peningkatan Kompetensi Kurator di Era Ekonomi Modern

Hal senada dikatakan Sekjen PII Pusat, Ir Bambang Guritno. Disampaikan dia, saat ini anggota PII ada sebanyak 87 ribu orang lebih. Mereka siap memberikan kontribusi bagi masyarakat dan negara.

”Kami siap mendukung perguruan tinggi swasta maupun negeri, yang ingin meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) keinsinyuran. Kami akan menyiapkan tenaga dosennya,” ungkap Bambang.

Sementara itu, Dr Supari menyatakan, setelah terpilih secara aklamasi dalam Muscab PII pada 9 Agustus 2024 di Kampus USM, pihaknya mengawali kegiatan dengan menghadirkan Ketua Umum dan Sekjen PII Pusat, untuk memberikan pengarahan kepada pengurus cabang.

BACA JUGA: Dituding Tidak Netral saat Konser Band Wali, Ini Bantahan Pj Bupati Kudus

”Kami berharap, arahan dari Pak Ketum dan Sekjen PII Pusat, bisa menjadi dasar untuk menjalankan program kegiatan pengurus cabang,” katanya.

Diungkapkannya, ada tujuh program kerja yang akan dijalankan pengurus PII Cabang Semarang. Di antaranya, mengadakan pelatihan peningkatan kompetensi insinyur Semarang per tahun. Kemudian mengadakan pelatihan sesuai kejuruan insinyur, pembentukan badan-badan kejuruan insinyur yang ada di Semarang.

Selain itu juga, pendataan anggota PII Cabang Semarang, peningkatan komunikasi dan informasi anggota PII Cabang, Wilayah dan Pusat, pengadaan Gedung Sekretariat PII Cabang Semarang, dan Seminar Nasional Peran Insinyur dalam Pembangunan Indonesia.

”Kami akan menjalankan program kerja itu sesuai arahan dari Ketum dan Sekjen PII Pusat,” tandas Supari.

Riyan