Para pemain Timnas U20 merayakan gol kemenangannya atas Maladewa, dengan skor 4-0. Foto: dok/pssi

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Pelatih Timnas U20 Indonesia, Indra Sjafri, memberikan apresiasi atas perjuangan anak-anak asuhnya, kala mengalahkan Maladewa dengan skor 4-0. Empat gol kemenangan Garuda Muda itu dicetak Aditya Warman menit 52, Figo Dennis (55), Tony Firmansyah (57) dan Jens Raven (66).

Pada laga perdana Grup F Kualifikasi Piala Asia U20 2025, yang digelar di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, Rabu (25/9/2024) itu, timnas hampir sepanjang laga terus membombardir Maladewa.

”Ini pertandingan pertama kita, para pemain belum bisa langsung in. Ini laga paling lama terciptanya gol, biasanya di babak pertama sudah ada gol,” kata Indra dalam sesi jumpa pers usai pertandingan, sepeti dikutip dari laman resmi PSSI.

BACA JUGA: Pilkada Jateng: Netralitas TNI – Polri Diuji, Demokrasi Dipertaruhkan

Ditambahkan dia, di babak pertama pemainnya tidak bisa memaksimalkan sejumlah kesempatan menjadi gol. Dia pun memutuskan untuk mengganti formasi dari 3-4-3 ke 3-5-2, untuk mengubah variasi serangan.

”Usai babak pertama, tim pelatih berdiskusi. Di babak kedua, kita melakukan pergantian pemain, dan juga melakukan pergantian strategi. Di sepertiga lapangan depan, kita selalu mentok dengan Maladewa, yang bertahan dengan sangat dalam,” papar dia lagi.

Setelah ini, Indonesia akan melawan Timor Leste pada Jumat (27/9/2024), di tempat yang sama. Sebelumnya Timor Leste kalah 1-3 dari Yaman.

”Setelah ini, kita melawan Timor Leste. Kita tetap waspadai, dan tidak boleh meremehkan mereka. Timor Leste punya beberapa pemain yang secara individu bagus, dan saya pikir kita punya pengalaman di Piala AFF U19, saat menghadapi mereka,” tukas Indra.

Riyan