Usai penetapan nomor urut pilkada Blora, kedua paslon bersama KPU dan Bawaslu menandatangani deklarasi damai, yang menjadi simbol komitmen bersama untuk menjaga kondusivitas dalam Pilkada Blora 2024. Ketua KPU Blora berharap seluruh rangkaian Pilkada bisa berjalan dengan tertib dan lancar.

“Mudah-mudahan mulai 25 September 2024, pasangan calon bisa langsung menggunakan hak kampanye secara tertib, juga pentingnya mengikuti aturan terkait lokasi kampanye, ada beberapa lokasi yang boleh dan tidak boleh digunakan, setiap calon harus meminta izin dari pemilik wilayah dan koordinasi dengan Polres Blora,” ujar Ketua KPU Blora.

Pada kesempatan itu, Kapolres Blora, AKBP Wawan Andi Susanto, ketika memimpin kegiatan pengamanan berharap agar seluruh stakeholder dan lapisan masyarakat di Kabupaten Blora ikut mensukseskan Pilkada 2024 yang aman, damai dan kondusif.

Pengawal Pribadi Dua Paslon

“Berbeda pilihan merupakan hal yang biasa dan siapapun nanti pemenangnya, persatuan dan kesatuan harus tetap dijaga,” tegas Kapolres Blora.

Untuk perhatian, dalam kegiatan tersebut juga dilaksanakan penyerahan tim pengawal pribadi (Tim Walpri) Kepolisian Resor (Polres) Blora kepada dua pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Blora.

Dikemukkan, tim walpri dari anggota Polres Blora untuk kedua pasangan calon bupati dan wakil bupati Blora mulai bertugas. Hal ini menyusul telah ditetapkan dua pasangan calon peserta pemilihan umum kepala daerah (Pilkada) oleh KPU Blora, pada Senin 23 September 2024.

Dua pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Blora yang akan bertarung dalam Pilkada Serentak 2024 mendapatkan pengawalan ketat dari pihak kepolisian selama masa kampanye. Pengawalan dilakukan dengan menempatkan pengawal pribadi (Walpri) untuk menjamin keselamatan para calon selama proses Pilkada berlangsung.

Kapolres Blora berpesan kepada Walpri yang ditugaskan untuk melakukan tugas pokoknya dengan baik. Selain itu juga harus memiliki rasa tanggung jawab dan disiplin tinggi, semangat, berintagritas dan tidak terlibat politik praktis.

Kegiatan di gedung graha Larasati tersebut berjalan aman, lancar dan kondusif, untuk diketahui hasil pengundian nomor urut Paslon adalah: pasangan calon H. Arief Rohman dan Sri Setyorini (Asri) mendapat nomor 01 dan pasangan calon H. Abu Nafi dan Andika Adikrishna Gunarjo (Abdi) mendapatkan nomor 02, untuk pilkada Blora,.

Masa kampanye: Rabu, 25 September 2024 hingga Sabtu, 23 November 2024, dan masa tenang: Minggu, 24 November 2024 sampai dengan Selasa, 26 November 2024, serta pemungutan suara pada Rabu Pon, 27 November 2024.

Kudnadi Saputro