Anggota Bawaslu Provinsi Jateng, Rofiuddin dalam Sosialisasi Pembentukan Pengawas TPS di Semarang (23/9/2024). Foto: Ning S

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Jawa Tengah (Jateng) membuka pendaftaran pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada Pilkada 2024.

Pendaftaran pengawas TPS sendiri telah dibuka sejak 12 September 2024 hingga 28 September 2024 dengan kebutuhan sekitar 56 ribu orang.

Hal itu disampaikan anggota Bawaslu Provinsi Jawa Tengah, Rofiuddin dalam Sosialisasi Pembentukan Pengawas TPS di Semarang, Senin (23/9/2024).

Menurutnya, kebutuhan 56 ribu orang tersebut menyesuaikan dengan jumlah TPS pada Pilkada serentak 2024 di Jawa Tengah. Sementara itu pengawas TPS akan mendapatkan honor Rp 800 ribu dengan masa kerja satu bulan sejak dilantik 23 hari sebelum pemungutan suara, ditambah tujuh hari usai pemungutan suara dalam Pilkada.

“Berdasar data per 23 September 2024 sudah ada sekitar 48 ribu pendaftar. Jadi masih ada kesempatan bagi yang ingin mendaftar hingga 28 September 2024. Kami optimis jumlah pendaftar akan terpenuhi sebelum ditutup,” kata Rofiuddin.

Dijelaskan, bahwa di setiap TPS nantinya akan diisi oleh satu orang pengawas TPS. Bawaslu Jateng nantinya akan melakukan perpanjangan pendaftaran jika kuota belum terpenuhi. “Untuk mengantisipasi jika kuota belum terpenuhi, kami akan membuka perpanjangan pendaftaran. Termasuk jika tidak ada pendaftar pengawas TPS dari unsur perempuan baik di desa atau kelurahan,” terangnya.

Ia menambahkan, bahwa regulasi menyebut jika perempuan juga mempunyai kesempatan yang sama untuk menjadi penyelenggara pemilu, khususnya di pengawas TPS, diharapkan bisa untuk ikut mendaftar.

Untuk bisa menjadi pengawas TPS, ada beberapa syarat yang harus dilengkapi, diantaranya, usia minimal 21 tahun, sehat jasmani dan rohani, pendidikan minimal setingkat SMA, tidak menjadi anggota partai politik, tidak ada ikatan perkawinan antara penyelenggara pemilu, dan bersedia tidak menduduki jabatan di pemerintahan, BUMN, partai politik dan lainyam Kemudian berintegritas, profesionalitas dan berindependensi.

Bagi masyarakat yang ingin menjadi pengawas TPS masih ada kesempatan untuk mendaftar hingga tanggal 28 September 2024 ya!

Ning S