JEPARA (SUARABARU.ID)- Dalam rangka memupuk dan meningkatkan karakter religius peserta didik, SMP Negeri 1 Mayong memperingati hari lahir Nabi Muhammad saw. Acara yang dilaksanakan di halaman sekolah Jumat (20/9/2024) ini diikuti oleh peserta didik, dewan guru, dan staf tata usaha dengan dihadiri oleh K.H. Ahmad Marzuki, S.E. sebagai pengisi kajian.

Seluruh peserta didik terlihat sangat antusias dalam setiap persembahan. Acara dibuka dengan alunan merdu selawat dari grup rebana Spensama dan bacaan kitab suci Al-Qur’an beserta terjemahannya.

Plt. Kepala SMPN 1 Mayong, Basuki, S.Pd., M.Pd. dalam sambutannya menyampaikan agar peserta didik senantiasa meneladani sikap dan perilaku Rasulullah Muhammad saw. dalam kehidupan sehari-hari.

Seluruh peserta didik juga mendapatkan tugas untuk merangkum seluruh kajian yang disampaikan. Tujuannya agar isi kajian yang disampaikan dapat menumbuhkan keimanan dan ketakwaan peserta didik.

Puncak acara maulid Nabi Muhammad saw. disampaikan oleh K.H. Ahmad Marzuqi, S.E. dengan tema “Meneladani Akhlak Nabi Muhammad saw. sebagai Bekal Membangun Pribadi Unggul”.

Dalam ceramahnya ia menyampaikan, “Barangsiapa yang berilmu, maka akan diangkat derajatnya oleh Allah, karena Allah mengangkat derajat hamba-Nya bukan karena pangkatnya tapi karena ilmu dan ketakwaannya kepada Allah Swt. Sebab Kemuliaan manusia di sisi Allah hanya karena iman takwanya, ilmu pengetahuannya, dan kebaikan hatinya.”

Hadepe – Hesti Ambarwati SMPN 1 Mayong