Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji (kiri) menyerahkan piagam penghargaan kepada kecamatan dan desa, yang angka partisipasinya pada Pemilu 2024 lalu capaiannya tinggi.(Prokopim Pacitan)

PACITAN (SUARABARU.ID) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pacitan menggelar rapat koordinasi (Rakor) Forkopimda bersama Forkopimcam dan tiga pilar desa. Rakor dilaksanakan dalam rangka membangun koordinasi dan sinergitas yang kuat antar stakeholder. Tujuannya, demi terlaksananya Pilkada serentak yang baik dan kondusif.

Bagian Prokopim Pemkab Pacitan, mengabarkan, Rakor digelar di Gedung Sasono Aji Arjowinangun, Kamis (19/9/24). Dalam kesempatan itu, diserahkan penghargaan kepada kecamatan dan desa/kelurahan dengan capaian partisipasi terbaik dalam Pilpres dan Pileg Tahun 2024.

Penghargaan untuk Kecamatan, diberikan kepada Kecamatan Pacitan yang angka partisipasinya mencapai 85,27%, Kecamatan Kebonagung (81,67%) dan Kecamatan Arjosari (80,21%). Sedangkan 10 desa dengan partisipasi terbaik, adalah Desa Arjosari, Karangnongko, Tremas, Purwoasri dan Nanggungan. Berikut Desa Purworejo, Sumberharjo, Kembang, Kayen dan Mentoro.

Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji, dalam arahannya mengatakan, Rakor bersama tiga pilar desa ini sangat baik, yakni untuk menyatukan langkah dalam mengawal pelaksanaan Pilkada di Kabupaten Pacitan. Bupati mengapresiasi penyelenggara Pemilu di Pacitan. Juga kepada para Babinsa, Babinkamtibmas serta para Kepala Desa (Kades) dna Lurah, yang telah berhasil menciptakan pelaksanaan Pemilu yang kondusif.

Bupati yakin, dengan sinergitas seluruh stakeholder, sukses tersebut akan bisa diraih kembali saat Pemilukada serentak Tanggal 27 Nopember 2024 mendatang. “Alhamdulillah Pemilu kemarin di Pacitan berjalan baik lancar dan damai. Saya yakin, dalam Pemilukada nanti akan mampu mengulang, karena masyarakat Pacitan itu terkenal dengan guyub rukun adem ayem,” kata Bupati.

Hal senada juga disampaikan Kapolres Pacitan, Dandim 0801 Pacitan, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Pacitan dan Ketua sementara DPRD Kabupaten Pacitan. Masing-masing anggota Forkopimda tersebut, menyampaikan arahannya kepada 700 lebih peserta Rakor yang hadir.

Selain arahan untuk menyamakan persepsi pola pikir dan pola tindak kepada 3 pilar, juga diharapkan bisa mengedepankan upaya deteksi dini mencegah agar tidak muncul potensi konflik. Tiga pilar memiliki fungsi pokok yang sama, yakni menciptakan situasi Kamtibmas yang kondusif.(Bambang Pur)