Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho didampingi Kabidhumas dan Kapolrestabes Semarang meninjau Posko Netralitas Polrestabes Semarang di Simpang Lima. Foto: Humas

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Sebagai bentuk komitmen TNI-Polri menjaga netralitas selama gelaran Operasi Mantap Praja Candi 2024 dalam pengamanan Pilkada Serentak 2024, jajaran Polda Jateng dirikan Posko Netralitas TNI-Polri.

Untuk di Polrestabes Semarang, Posko Netralitas TNI Polri ditempatkan di Pos Lantas Simpang Lima Kota Semarang.

Hal itu disampaikan Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho didampingi Kabidhumas Polda Jateng dan Kapolrestabes Semarang saat meninjau Posko Netralitas Polrestabes Semarang di Simpang Lima pada Kamis (19/9/2024).

“Polda Jateng dan jajaran sudah siap melakukan pengamanan. Kami yakinkan bahwa TNI Polri di Jawa Tengah berkomitmen menjaga sinergitas, netralitas, dalam pelaksanaan pengamanan Pilkada Serentak 2024,” ujarnya.

Posko Netralitas TNI Polri sendiri dijaga dan dikelola oleh personel gabungan dari Sipropam (Seksi Pengaman Profesi dan Pengamanan) dan TNI (Polisi Militer).

Diungkapkan bahwa sejak didirikan dua minggu yang lalu, belum ada laporan masuk mengenai dugaan pelanggaran terkait Netralitas TNI Polri dalam mengamankan Pilkada di Jawa Tengah. “Pos Netralitas ini sudah dua minggu berdiri, hingga kini belum ada laporan masuk,” ungkapnya.

Dirinya meminta kepada masyarakat apabila menemukan dugaan terkait ketidaknetralan TNI-Polri ataupun pelanggaran yang berkaitan dengan pengamanan Pilkada untuk datang melapor ke Posko Netralitas setempat.

“Siapapun bisa melaporkan terkait ketidaknetralan TNI-Polri dalam Pilkada. Silahkan datang ke posko netralitas, akan kita layani semuanya. Pasti akan ditindaklanjuti,” tegasnya.

Ning S