Tim Humas Dirjen PHU Sekretariat Direktorat Jenderal Kementerian Agama RI Bersama Kasi PHU dan rombongan saat berkunjung di kediaman Andilala Kurniawan. Foto: Nurul

JEPARA (SUARABARU.ID) – Ide kreatif yang tak disengaja justru berhasil menarik perhatian Humas Dirjen PHU Sekretariat Jenderal Direktorat Kementerian Agama RI untuk mengulik lebih dalam aksi H. Andilala Kurniawan, salah satu jemaah haji asal Pecangaan, Jepara.

Rombongan 2 Kloter 72 ini  sempat viral di berbagai media sosial dengan aksinya mengumpulkan tutup nasi kotak katering pada pelaksanaan Ibadah Haji Tahun 2024 M.

Video berdurasi 29 menit ini menyedot perhatian banyak orang untuk me-repost video tersebut. Andilala, saat ditanya oleh tim humas Dirjen PHU di kediamannya, justru tidak mengetahui bahwa dirinya sedang viral di media sosial. Pasalnya, ia sendiri tidak memiliki Instagram atau TikTok, hanya memiliki akun Facebook yang jarang ia aktifkan. Hal itu disampaikan Andilala di Desa Pecangaan, Kamis, (19/9/2024).

Andilala Kurniawan, Jemaah Haji Asal Pecangaan saat memperlihatkan tutup nasi box yang ia kumpulkan. Foto: Nurul

Andilala juga menyebutkan bahwa tujuannya mengumpulkan tutup nasi kotak tersebut hanya sekadar iseng sebagai kenang-kenangan bahwa layanan haji tahun 2024 sangat baik. Pemerintah memberikan layanan konsumsi tiga kali dalam sehari, sehingga jemaah tidak perlu repot mencari makanan atau memasak seperti pada pelaksanaan haji sebelumnya.

“Ini hanya sebagai kenang-kenangan bahwa saya pernah menjalankan haji dengan fasilitas makan tiga kali dengan menu yang sesuai dengan lidah kami, masakan nusantara,” kenangnya.

Kunjungan tim humas Dirjen PHU RI yang diwakili oleh Mustarini Bella Vitiara, Winda Galuh Desfianti, dan Suci Arumanisa ke kediaman Andilala didampingi oleh Siti Zuliyati, Kasi PHU Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jepara, sebagai bentuk apresiasi sekaligus mengucap rasa syukur bahwa pelaksanaan haji tahun 2024 berjalan sukses.

“Tidak menyangka bahwa dengan keterbatasan pelayanan dari pemerintah, jemaah justru merasa terpuaskan dengan berbagai layanan yang diberikan. Bukti itu terekam dari video tersebut,” tutur Bella.

Bella dan tim sangat bersyukur bahwa kunjungan ini memang untuk mendengar secara langsung maksud dan tujuan Andilala mengumpulkan tutup nasi kotak di Mekkah dan Madinah. Dari keterangan yang diberikan, diharapkan inspirasi ini dapat bermanfaat bagi masyarakat dan kinerja layanan haji semakin meningkat di tahun-tahun berikutnya.

Sementara itu, Kasi PHU, Siti Zuliyati, berterima kasih dan bersyukur atas pencapaian ini. Ia berharap semangat dan dukungan terus mengalir kepada pemerintah untuk meningkatkan pelayanan yang semakin baik bagi jemaah haji.

“Kami, bersama masyarakat, berterima kasih bahwa penyelenggaraan ibadah haji tahun 2024 berjalan sukses, dan harapan kami pelayanan haji dari tahun ke tahun semakin ditingkatkan,” tuturnya.

Lebih lanjut, Zuliyati menambahkan bahwa kesuksesan pelaksanaan haji ini patut disyukuri oleh seluruh petugas maupun jemaah haji. Menurutnya, proses penyelenggaraan ibadah haji tahun 1445 H/2024 M merupakan salah satu yang tersukses sepanjang sejarah pelaksanaan ibadah haji, pungkasnya.

Hadepe -Nurul