Petugas Polsek Adimulyo dan warga mengevakuasi mayat Rasam Tamiharjo (75) warga Desa Sidomukti, Kecamatan Adimulyo, Kebumen, Rabu 18/9 malam.(Foto:SB/Humas Polres)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Rasam Tamiharjo (75),warga Desa Sidomukti, Kecamatan Adimulyo, Kebumen, ditemukan meninggal di sawah pada Rabu (18/9) malam sekitar Pukul 21.00.

Penemuan mayat laki-laki di pesawahan desa setempat tersebut sempat mebgejutkan warga. Korban diketahui merupakan  warga setempat yang sejak siang pamit pergi ke sawah.

Kapolres Kebumen AKBP Albertus Recky Robertho melalui Plt Kasi Humas Polres Aiptu Nanang Faulatun mengungkapkan, dari hasil olah tempat kejadian perkara (TKP) yang dilakukan Polsek Adimulyo, pihaknya menduga kuat lelaki tersebut meninggal bukan karena tindak pidana.

“Keterangan ini diperkuat dari hasil pemeriksaan medis oleh Puskesmas Adimulyo. Korban diduga kuat meninggal karena sakit. Jadi bukan karena penganiayaan,”jelas Aiptu Nanang, Kamis 19 Sepetember 2024.

Selanjutnya Kapolsek Adimulyo Iptu Yitno Pamekas menyatakan, peristiwa penemuan korban bermula ketika keluarga cemas karena hingga petang hari rasam belum pulang ke rumah.

Peristiwa bermula sekira pukul 10.00 WIB, pada hari Rabu (18/9) korban pergi dari rumah. Keterangan keluarga,  Rasam biasanya kelara rumah untuk melihat sawah.

Setelah dari sawah, sebelum petang, biasanya korban telah pulang. Namun pada hari itu korban tak terlihat masuk ke rumah.

Lantas hal itu membuat keluarga cemas dan mencari ke sejumlah sudut sawah dengan harapan bisa segera menemukan korban.

Tak berselang lama kemudian, sekira pukul 21.00 WIB, korban ditemukan di lokasi perawahan Desa Sidomukti, dengan dengan posisi tengkurap.

“Hasil pemeriksaan medis, kurang lebih korban telah meninggal 7 jam, saat keluarga menemukan. Selanjutnya jenazah dievakuasi dan dibawa ke rumah duka untuk dimakamkan,”ujar Aiptu Nanang.

Dari peristiwa itu, lanjut Aiptu Nanang, pihak keluarga telah menerima korban meninggal karena sakit, sehingga bisa segera dimakamkan.

Komper Wardopo