CEO PSIS itu melanjutkan, program unggulan keenam yaitu mewujudkan Semarang Hijau Royo-royo yang menekankan konsep green city (kota hijau).

Nantinya pembangunan didasarkan pada prinsip berkelanjutan dan ramah lingkungan sebagai langkah menghadapi perubahan iklim.

Ketujuh, Yoyok-Joss mengusung semangat Semarang Mbangun dengan memperhatikan infrastruktur yang maju dan berkelanjutan.

Meliputi terpenuhinya air bersih merata dan murah, layanan transportasi berkualitas, penanganan rob dan banjir, dan membangun sarana olahraga.

“Program hasta karya yang terakhir Semarang Berseri. Kami ingin Semarang lebih bersih dan asri dengan tata kelola persampahan yang baik. Kami berencana membentuk BUMD pengelola persampahan dan memberikan bantuan modal untuk bank sampah,” ucap Yoyok.

Program unggulan ini disusun dengan tujuan utama untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kota Semarang.

Pemerintah daerah sebagai pelaksana kebijakan berkomitmen menjamin keberlanjutan, baik aspek ekonomi, sosial, budaya, dan lingkungan.

“Kami sudah mengkaji bagaimana peluang dan tantangan yang dimiliki dan dihadapi kota Semarang. Pemerintah daerah harus mampu mengutamakan kemajuan daerah untuk kesejahteraan warga tanpa mengesampingkan pentingnya keberlanjutan,” tandas Yoyok.

Hery Priyono