Bakal Calon Wakil Bupati Kudus Mawahib saat berbincang dengan penjual buku bekas di pasar Babe Kudus. foto: Ali Bustomi

KUDUS (SUARABARU.ID) –Bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Kudus Hartopo-Wahib melakukan agenda sosialisasi dengan cara blusukan ke pasar Barang Bekas. Di lokasi tersebut, Hartopo-Wahib menyempatkan diri untuk berbincang sembari mendengarkan aspirasi secara langsung dengan para pedagang.

Dalam blusukannya, Hartopo dan Mawahib berkeliling pasar, mengunjungi kios-kios yang menjual berbagai barang seperti handphone, pelek motor, dan helm. Mereka juga didampingi oleh partai pengusung mereka yakni DPC Partai Gerindra Kudus dalam Pilkada kali ini.

Hartopo menekankan pentingnya perbaikan fasilitas umum dan peningkatan kualitas pasar untuk menarik lebih banyak pembeli. Menurutnya, ada banyak aspek yang perlu diperbaiki di Pasar Babe, termasuk fasilitas umum dan kualitas penjual.

“Kami berkomitmen, jika terpilih, untuk menyampaikan aspirasi ini kepada partai pengusung dan DPRD untuk pembangunan pasar,” ujar Hartopo.

Dia juga menambahkan bahwa revitalisasi pasar adalah bagian dari visi misinya dan mencakup pelatihan bagi para pedagang untuk meningkatkan keterampilan mereka.

Kunjungan ini menunjukkan komitmen Hartopo dan Mawahib terhadap perbaikan infrastruktur pasar sebagai bagian dari kampanye mereka di Pilkada Kudus 2024.

Sementara itu, Ketua DPC Partai Gerindra Kudus Sulistyo Utomo, salah satu pihak yang terlibat dalam perencanaan revitalisasi menyebutkan bahwa ada lampu hijau untuk perbaikan Pasar Babe dalam waktu dekat.

“Insya Allah, pembangunan Pasar Babe akan dimulai setelah hasil laboratorium forensik keluar, dalam 1-2 bulan ke depan. Anggaran untuk revitalisasi pasar nantinya mencapai Rp 1,5 miliar rupiah,” pungkasnya.

Sementara, Mawahib yang juga ikut mendampingi Hartopo mengatakan lebih banyak berbincang dengan para pedagang. Mawahib merasa prihatin dengan kondisi para pedagang yang harus berjualan di lapak darurat setelah pasar Babe terbakar.

Apalagi, kebakaran yang terjadi beberapa waktu lalu membuat banyak pedagang yang harus merugi akibat barang dagangannya ikut ludes terbakar.

Pihaknya berharap para pedagang bisa bersabar menunggu proses rehab pasar Babe yang kini sudah direncanakan oleh Pemerintah Kabupaten Kudus.

“Kami berharap para pedagang bisa bersabar menunggu proses perbaikan,”tandasnya.

Mawahib juga berkomitmen saat terpilih nanti akan memberikan program untuk para pedagang seperti bantuan permodalan maupun fasilitasi yang lain.

Dalam kesempatan tersebut, Mawahib juga menyampaikan permohonan doa restu kepada para pedagang atas upayanya maju dalam Pilkada Kudus bersama Hartopo. Pihaknya berharap dukungan segenap lapisan masyarakat termasuk para pedagang bisa menjadi penyemangat dirinya dalam pertarungan Pilkada Kudus 27 November 2024 mendatang.

Ali Bustomi