KUDUS (SUARABARU.ID) – Perayaan Hari Jadi Kota Kudus ke-475 pada 23 September 2024 mendatang, bakal dirayakan secara meriah. Seabrek even disiapkan guna memeriahkan Hari Jadi ini.

Sekretaris Daerah Setda Kudus Revlisianto Subekti dalam konferensi persnya menyampaikan
peringatan Hari Jadi Kudus ke-475 ini menjadi refleksi bagi seluruh warga Kudus.

Peringatan HUT Kudus tahun 2024 ini cukup berbeda karena rangkaiannya yang cukup panjang. Banyak even yang ingin dimasukkan ke dalam rangkaian Hari Jadi.

Banyaknya even yang beragam jenis merupakan hasil kolaborasi dengan banyak stakeholder. Tahun ini banyak pihak yang nyengkuyung untuk berpartisipasi dalam perayaan Hari Jadi.

“Dari beragam usia juga mulai dsri gen X hingga gen alpha,”kata Revli, Jumat (13/9).

“Semua OPD juga terlibat dalam menggelar even untuk meramaikan perayaan ini,”tambahnya.

Jika dipilah, ada beberapa jenis even yang terbagi dalam beberapa kategori mulai dari ekonomi, gebyar PKL, konser band Wali, pameran bonsai, serta kegiatan lain.

Di bidang sosial, ada pula kegiatan fonor darah, skreening kesehatan, khitan massal, meet and greet, santunan yatim piatu, layanan bursa kerja hingga nikah massal.

Di bidang olahraga, ada pula kegiatan senam aerobik, mlaku bareng, sepeda gembira. Di bidang religi, ada kegiatan majelis shalawat Azzahir, kenduren massal, ziarah makam bupati terdahulu dan makam Sunan Kudus.

“Ada pula kegiatan bersifat gaya hidup dan budaya seperti fashion week, pagelaran wayang orang, dan karnaval budaya,”tambahnya.

Yang lebih menarik lagi, Pemkab juga meminta toko-toko yang ada di Kudus secara khusus memberikan diskon tepat di saat peringatan Hari Jadi.

“Entah nanti bagaimana nanti diharapkan banyak toko yang ikut berpartisipasi,”tandasnya.

Sementara, Pj Bupati Kudus Hasan Chabibie menyampaikan perayaan Hari Jadi Kudus ke-475 nanti diharapkan bisa membahagiakan seluruh masyarakat Kudus.

“Dengan demikian, yang menjadi subyek perayaan ini adalah seluruh masyarakat Kudus,”tukasnya.

Pj Bupati menyebut sebenarnya banyak pihak yang menawarkan ingin berpartisipasi. Hanya saja karena keterbatasan waktu, maka tidak bisa terakomodir.

Lebih lanjut, Hasan menyampaikan tema Hari Jadi Kudus ke-475 adalah ‘Kusus berkolaborasi membangun negeri’. Melalui tema tersebut, maka partisipasi aktif masyarakat menjadi kunci utama dari pelaksanaan perayaan ini.

“Banyak kegiatan yang Pemkab tidak perlu mengeluarkan anggaran sama sekali karena sepenuhnya didukung oleh pihak swasta,”tukasnya.

Hasan menyampaikan bahwa Kudus ini kaya potensi, kaya budaya yang bisa disandingkan secara setara untuk sama-sama membangun daerah.

Ali Bustomi