Penyalaan kembang api menjadi hiburan menarik penonton dan masyarakat di acara puncak pembukaan PON XXI/2024 Aceh-Sumut. Foto: screenshot

BANDA ACEH (SUARABARU.ID)– Presiden RI, Joko Widodo, secara resmi membuka Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 Aceh-Sumatera Utara, di Stadion Harapan Bangsa, Kota Banda Aceh, Senin (9/9/2024).

Penyalaan api di kaldron yang dilakukan atlet angkat besi perempuan asal Aceh Utara, yang terakhir tampil di Olimpiade Paris 2024, Nurul Akmal, menjadi puncak acara pembukaan PON kali ini.

Jokowi dalam sambutannya menyampaikan harapan, agar gelaran PON kali ini bisa melahirkan atlet-atlet berprestasi dunia. Selain itu, penyelenggaraan PON yang dilakukan di dua provinsi itu, bisa meningkatkan sisi perekonomian masyarakat.

BACA JUGA: Penerjun Payung Jateng Sementara di Ranking Pertama

Dalam acara pembukaan itu, parade atlet dari 38 provinsi se-Indonesia, berjalan di atas panggung sambil melambaikan tangannya dengan beragam kreasi. Dalam even ini, Jawa Tengah mengirimkan sejumlah 525 atlet, yang berlaga dalam 60 cabang olahraga.

Usai parade, digelar sejumlah acara hiburan berupa tari dan nyanyi, serta pertunjukan drama sejarah Aceh. Artis yang ikut tampil di atas panggung di antaranya Tiara Andini, Virzha, dan Nabila Taqiyyah.

Di akhir acara pembukaan, diadakan pesta kembang api diiringi lagu Bendera, yang sempat dipopulerkan grup band Cokelat. Para peserta upacara pembukaan dan penonton pun, terlihat saling bergantian mengabadikan momen istimewa yang digelar di Tanah Rencong ini.

Riyan-Sigit Pr