Buah kawis yang masih ada di batas pohon dan insert: produk minuman sirop buah kawista asli Rembang ‘Sonaya’ yang merupakan salah satu binaan Rumah BUMN (RB) Rembang PT Semen Gresik. Foto: SB.ID

REMBANG (SUARABARU.ID) – Bisnis minuman kental manis (sirup) dengan berbagai rasa menjadi kebutuhan masyarakat, salah satunya produk minuman sirup dengan rasa buah kawista yang dimanfaatkan untuk meraup pundi-pundi rupiah.

Seperti halnya Soffa Ahmad, pemilik usaha olahan sirop buah kawista asli Rembang ‘Sonaya’ yang merupakan salah satu binaan Rumah BUMN (RB) Rembang PT Semen Gresik.

Berawal dari keinginan dalam menjaga kelestarian buah khas Rembang yang sudah mulai jarang dan langka ditemukan. Maka dari itu, dalam menjaga cita rasa buah kawista agar tidak hilang di lidah Masyarakat, Sonaya berinisiatif dengan menjadikannya minuman sirop.

Soffa mengaku, Sonaya mampu menjual 4.000 botol dalam setahun, yang setiap botolnya dijual seharga Rp 19.000. Wilayah pendistribusian produk mampu menjangkau wilayah di Kabupaten Rembang, Blora, dan sekitarnya.

Sonaya masuk dalam paket hampers berkah Idul Fitri 1445 H yang di pasarkan oleh RB Rembang Semen Gresik. Humas SG

“Produk sirup kawista Sonaya diproduksi dengan kualitas tinggi, yakni dibuat tanpa adanya bahan pengawet pabrikan, dengan gula tebu yang premium. Sonaya menghadirkan rasa kawista yang menyegarkan, rasa asli kawistanya menjadikan sirup ini lain dari yang lain,” ungkapnya.

Melalui pendampingan dari RB Rembang Semen Gresik, lanjutnya, pelaku usaha mendapatkan banyak sekali manfaat yang didapatkan guna memperluas jangkauan pasar, peningkatan omzet, dan menambah ilmu tentang dunia usaha.

“Harapannya, semoga pendampingan dari RB Rembang mampu memberikan dampak positif yang nyata dan luas bagi para pelaku UMKM. Sehingga, para pelaku usaha mampu memperluas area pemasarannya,” tandasnya.

Apresiasi untuk UMKM

Sementara itu, Senior Manager of Communication & CSR PT Semen Gresik, Sulistyono, memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh UMKM binaan RB Rembang yang terus berkembang dan mampu menunjukkan kemandiriannya, salah satunya UMKM Sonaya.