Tim Bolone Mas Luthfi saat menghadiri pleno rekapitulasi DPSHP di Desa Undaan Lor, Kecamatan Undaan. foto: Ali Bustomi

KUDUS (SUARABARU.ID) – Jaringan relawan Bolone Mas Luthfi, tim pemenangan Cagub-Cawagub Ahmad Luthfi-Taj Yasin terus melakukan pengawalan terhadap prosesi pleno Rekapitulasi Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) Pilkada serentak 2024. Upaya tersebut dilakukan  agar Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang dihasilkan nanti benar-benar akurat dan bersih dari kesalahan.

Ketua Tim Relawan Bolone Mas Luthfi tingkat Kabupaten Kudus, Didik Hadi Saputro menyatakan pihaknya menerjunkan timnya ke seluruh desa yang ada di Kabupaten Kudus untuk hadir dan mengawal secara langsung prosesi rapat pleno Rekapitulasi DPSHP yang diselenggarakan PPS di masing-masing desa.

“Kami hadir di semua desa tanpa terkecuali untuk mengawal Pleno Rekapitulasi DPSHP yang dilakukan oleh masing-masing PPS,”kata Didik, Jumat (6/9).

Didik menyebutkan, DPSHP di tingkat PPS akan menjadi bahan penetapan DPT dalam Pilkada mendatang. Oleh karenanya, perlu ada upaya untuk mengawal agar DPSHP yang dihasilkan oleh tiap-tiap PPS nanti benar-benar bersih.

Tim relawan Bolone Mas Luthfi yang tersebar di semua desa, dipastikan mengetahui kondisi riil di lapangan terkait warga yang memiliki hak pilih. Sehingga mereka bisa memberikan masukan terkait rekapitulasi DPSHP yang diplenokan oleh PPS.

“Kami juga menginstruksikan seluruh tim kami yang ikut hadir dalam pleno untuk aktif dalam memberikan masukan demi tercapainya daftar pemilih yang benar-benar bersih,”tukasnya.

Dalam kesempatan ini, Didik juga mengimbau kepada masyarakat untuk proaktif mengecek apakah Namanya sudah masuk dalam daftar pemilih atau belum. Jika memang ada masyarakat yang belum terdaftar dalam daftar pemilih, jaringan relawan Bolone Mas Luthfi siap membantu untuk menyampaikan ke KPU dan jajarannya.

“Jika ada masyarakat yang belum terdaftar, silahkan lapor ke kami dan kami siap menyampaikan ke KPU dan jajaran yang ada di bawahnya,”tukasnya.

Lebih lanjut, kata Didik, penerjunan seluruh anggota timses di setiap desa juga menunjukkan bahwa jaringan relawan Bolone Mas Lutfhi yang akan mengawal pasangan Ahmad Luthfi-Taj Yasin di Pigub Jateng 2024 nanti benar-benar solid.

Jaringan relawan tersebut sudah menyebar hingga ke tiap-tiap desa untuk menyosialisasikan memenangkan hingga mengawal suara dari Luthfi-Yasin nanti.

“Seluruh desa kami ada tim yang sudah terbentuk. Dan tentunya nanti kami juga akan membentuk saksi yang akan mengawal suara Luthfi-Yasin di masing-masing TPS,”tandasnya.

Sesuai jadwal KPU, penyusunan DPSHP Pilkada 2024 telah dimulai sejak 18 Agustus 2024 sampai 13 September 2024. Sementara untuk proses penyusunan DPT, akan dilaksanakan 14-21 September 2024. Untuk pengumuman DPT, akan dilaksanakan pada 22-27 September 2024.

Untuk wilayah Kabupaten Kudus, KPU sudah menetapkan jumlah DPS untuk Pilkada Kudus sebanyak 643.177 pemilih. Jumlah tersebut terdiri dari 318.167 pemilih laki-laki dan 325.010 jiwa pemilih perempuan. Jumlah tersebut kini terus dimutakhirkan melalui DPSHP hingga nanti ditetapkan menjadi DPT.

Ali Bustomi