Ilustrasi. Foto: Freepik

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Mendaki gunung dapat menjadi hobi atau pekerjaan, dan dapat mencakup kegiatan seperti hiking, panjat tebing, dan menyeberangi gletser. Aktivitas yang berhubungan dengan pendakian gunung juga dapat mencakup ski dan melintasi ferrata.

Mendaki gunung termasuk salah satu hobi yang menantang keberanian, kekuatan dan semangat kita untuk meraih sebuah tujuan yaitu puncak gunung. Oleh sebab itu, setiap pendaki harus mempersiapkan semua hal yang dibutuhkan

Mendaki gunung menjadi salah satu alternatif olahraga yang digandrungi oleh anak muda karena selain menantang mendaki gunung memiliki pesonanya sendiri dimana pemandangan yang ditawarkan sangatlah indah dan tak terlupakan.

Untuk itu wajar bila orang-orang berlatih untuk mendaki ke gunung. Tentunya terdapat aturan dan larangan tersendiri yang diwajibkan kepada para pendaki untuk mematuhi.

Dilansir dari Suara.com, berikut beberapa larangan yang tidak boleh dilakukan oleh pendaki saat naik gunung:

1. Tidak menjaga kebersihan lingkungan

Sebagai seorang pendaki gunung hal yang tidak pantas dilakukan ketika sedang mendaki adalah tidak menjaga kebersihan di daerah yang sedang kamu lewati. Membuang sampah sembarangan adalah tindakan tindak terpuji.

Maka sudah seharusnya sebelum kamu berangkat siapkan kantung plastik khusus yang digunakan untuk membuang sampah. Jangan sampai kamu mengotori lingkungan pegunungan hanya karena ingin membersihkan diri dari kotoran.

Menjaga kebersihan lingkungan pegunungan dapat kamu lakukan dari hal kecil dengan mematuhi rambu-rambu dan aturan kebersihan yang dibuat. Jangan melanggar apalagi memaksakan diri untuk melakukan sesuatu yang sudah dilarang. Dengan begitu perjalanan akan terasa nyaman dan aman.

2. Memetik tanaman liar sembarangan

Akan ada banyak sekali tumbuh-tumbuhan yang kamu temukan di perjalanan. Penampilan bunga yang elok tak jarang mencuri perhatian karena ingin memilikinya dengan segera. Namun tahanlah keinginanmu untuk tidak langsung bergerak mengambil bunga atau tumbuhan liar yang menarik hati.

Ingatlah bahwa tanaman tersebut bukan milikmu dan sudah seharusnya kamu menjaga tanaman liar tersebut tumbuh dengan asri karena berkat tanaman tersebut pendakian gunung menjadi menyenangkan penuh warna.

Selain itu mengambil tanaman sembarangan berakibat merusak ekosistem tumbuhan yang sudah terjaga dengan baik. Jadi cukup kagumi dari jauh saja ya.

3. Tidak mematuhi aturan yang sudah ditetapkan

Pada umumnya setiap pendakian memiliki aturannya sendiri yang harus dipahami oleh para anggota untuk tidak dilanggar. Bila dilanggar akan berat akibatnya nanti untuk ditopang.

Aturan ini termasuk dalam kategori untuk tidak berbuat asusila hingga tidak berkata perkataan kasar ketika sedang mendaki. Ingatlah bahwa setiap tempat memiliki aturannya sendiri dan kita sebagai tamu perlu untuk menghormati.

4. Tidak mengikuti jalur pendakian

Jalur pendakian biasanya sudah disediakan untuk para pendaki yang bersedia mengikuti acara mendaki gunung. Untuk itu saat berjalan mendaki ada baiknya kamu tetap lurus mengikuti jalur yang sudah disediakan.

Jangan tergoda untuk membuat jalur sendiri karena terdapat resiko tersesat yang malah bisa berakhir membahayakan diri sendiri dan orang lain.

Itulah beberapa hal yang harus kamu pahami perihal larangan saat mendaki gunung. Semoga perjalanan pendakianmu lancar tanpa hambatan ya!

Claudia