Tim inovasi Vane of Life menjadi juara 1 kategori Gugus Kendali Mutu (GKM) pada ajang inovasi tertinggi Semen Gresik Inovation Convention (SGIC) VII tahun 2024 yang berlangsung di Rooftop Omah SG. Foto: Humas SG

REMBANG (SUARABARU.ID) – PT Semen Gresik kembali menunjukkan komitmen dan dedikasinya terhadap inovasi dan efisiensi operasional melalui tim inovasinya yang bernama “Vane of Life”.

Tim yang beranggotakan empat orang tersebut, berhasil menciptakan inovasi yang berjudul “Menurunkan biaya sparepart rawmill dari Rp 417 juta menjadi Rp 335 juta melalui modifikasi guide vane menjadi lego vane sebesar 100% selama 12 Bulan”.

Ketua tim inovasi Vane of Life, Irwan Nu’man Hadi, menjelaskan berawal dari kondisi guide vane eksisting sepanjang 4 meter dengan berat 96 kg, hal tersebut tentunya menjadi tantangan dalam proses maintenance atau penggantian yang membutuhkan 6-8 orang. Dan juga part eksisting tersebut memiliki lifetime yang cukup singkat yakni 12 bulan.

“Maka, tim kami melakukan modifikasi pada desain dan jenis material yang digunakan, dengan harapan mempermudah dalam menjalankan aktifitas pemeliharaan dengan waktu dan manpower lebih efisien serta memperpanjang lifetime dari part guide vane yang artinya inovasi kami terbukti dan mampu melakukan saving cost,” terangnya.

Tim inovasi Vane of Life mempresentasikan materi kepada para juri SGIC VII 2024 di Omah SG PT Semen Gresik – Pabrik Rembang. Foto: Humas SG

Ia mengaku konsep Lego Vane terinspirasi dari prinsip dasar mainan lego, yang setiap bagian dapat dibongkar pasang dan diganti dengan mudah. Tim menciptakan desain modular yang memungkinkan perawatan lebih cepat dan mudah, serta penggantian suku cadang dengan biaya yang jauh lebih rendah.

“Alhamdulillah, melalui inovasi tersebut tim kami berhasil menjadi juara 1 kategori Gugus Kendali Mutu (GKM) pada ajang inovasi tertinggi Semen Gresik Inovation Convention (SGIC) VII tahun 2024,” tandasnya.

Pihaknya berharap, gelaran SGIC mampu terus konsisten dalam menjaring dan mendorong semangat berinovasi bagi para karyawan, Sehingga mejadikan inovasi sebagai budaya kerja guna mendukung keberlanjutan perusahaan ke depan.

Sementara itu, Kepala Unit Sistem Manajemen PT Semen Gresik, Nurhadi, menuturkan bahwa inovasi dari tim vane of life harapannya mampu mengurangi kebutuhan penggantian sparepart, penggunaan sumber daya dan limbah industri dapat diminimalisir, mendukung komitmen perusahaan terhadap praktik bisnis yang lebih ramah lingkungan.

“Melalui inovasi-inovasi terbaik pada gelaran SGIC VII 2024, memiliki dampak positif pada efisiensi dan keberlanjutan, sehingga PT Semen Gresik telah membuktikan komitmen dalam menghadapi tantangan masa depan dan terus memberikan nilai tambah bagi para stakeholder dan masyarakat luas,” pungkasnya.

Wied