Paslon Gus Itab-Mas Sidqi yang diusung PPP dan PAN menyampaikan konferensi pers usai mendaftar di Kantor KPU Wonosobo. Foto : SB/Muharno Zarka

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Pasangan calon (paslon) Bupati dan Wakil Bupati Wonosobo, KH Khairullah Al Mujtaba dan Sidqi Ferin Diana (Gus Itab-Mas Sidqi), mendaftar sebagai peserta Pilkada 2024 di KPU setempat, Kamis (29/8/2024), sore tadi.

Gus Itab merupakan Ketua DPC PPP Wonosobo dan pengasuh PP Al Asy’ariyyah Kalibeber Mojotengah. Sedang Mas Sidqi adalah seorang pengusaha dan belum lama ini menjabat sebagai Ketua DPD PAN Wonosobo.

Paslon Bupati dan Wakil Bupati yang punya tagline “Berisi” – Bersama Gus Itab-Mas Sidqi – itu diusung PPP, PAN dan juga didukung Partai Ummat. PPP memiliki 2 kursi di DPRD setempat, sedang PAN dan Partai Ummat merupakan partai non parlemen.

Gus Itab dan Mas Sidqi bisa maju sebagai paslon Bupati dan Wakil Bupati, Wonosobo karena perolehan gabungan suara di pemilu legislatif lalu mencapai 45.690 atau 8,22 persen suara. Sesuai keputusan MK, keduanya memenuhi syarat untuk ikut kontestasi Pilkada 2024.

Paduan paslon santri dan pengusaha itu, berangkat dari Kantor DPC PPP sekitar pukul 14.30 WIB dengan jalan kaki. Sebelum berangkat ke KPU, didahului doa bersama. Jalan kaki dari Kantor DPC PPP sampai Kantor KPU ditempuh sejauh kurang lebih 1,7 kilometer.

Sampai di Alun-Alun atau tepatnya di Jl Merdeka No 1 persis di depan pintu gerbang menuju Pendopo Bupati, koalisi partai pengusung dan para relawan melakukan deklarasi mendukung paslon Gus Itab dan Mas Sidqi.

Selamatkan Demokrasi

Paslon Gus Itab-Mas Sidqi yang diusung PPP dan PAN melakukan dekalrasi di Alun-Alun sebelum mendaftar di Kantor KPU Wonosobo. Foto : SB/Muharno Zarka

Deklarasi dipimpin M Asnawi, mantan Ketua DPC PPP Wonosobo. Tampak pula dalam deklarasi tersebut KH Abdul Khalim AYM, Rois Syuriah PCNU Wonosobo dan pengasuh PP Darul Islah Surengede Kertek dan sejumlah pengurus serta kader PPP, PAN dan Partai Ummat.

“Kami warga Wonosobo, dengan penuh keyakinan, mendukung dan mendeklarasikan Gus Itab dan Mas Sidqi sebagai Bupati dan Wakil Bupati Wonosobo periode 2024-2029. Sebagai pemimpin yang akan membawa perubahan dan kemajuan bagi daerah ini,” pekik Asnawi.

Usai deklarasi paslon Gus Itab dan Mas Sidqi meneruskan perjalanan ke Kantor KPU melewati jalan Soekarno Hatta atau jalan berlawanan arah di depan Gedung DPRD setempat. Sebelum masuk ruang pendaftaran, para pendukung menyanyikan lagu Indonesia Raya dan mars Ya Lal Wathon.

Gus Itab menyebut pendafaran dirinya bersama Mas Sidqi sebagai paslon Bupati dan Wakil Bupati ke KPU merupakan upaya menyelamatkan demokrasi di Wonosobo. Bila tidak ada keputusan MK yang merubah persyaratan paslon, bisa terjadi lagi kotak kosong.

“Dulu kotak kosong sekarang telah berisi. Bersama Gus Itab dan Mas Sidqi Wonosobo berkah dan barokah. Baldatun thoyyibatun wa rabbun ghofur. Saya mengajak kiai, santri, tomas dan masyarakat untuk mendukung pasangan Gus Itab dan Mas Sidqi,” katanya.

Ketua KPU Ruliawan Nugroho menyampaikan sampai hari terakhir, Kamis (29/8), ada dua paslon Bupati dan Wakil Bupati yang mendaftar. Yakni Afif Nurhidayat-Amir Husein yang didusung 12 parpol (PDI Perjuangan, PKB, Gerindra, Demokrat, Golkar, Nasdem, Perindo, Hanura, Gelora, PKS, PSI dan PBB) dan KH Khairullah Al Mujtaba-Sidqi Ferin Diana, diusung 2 parpol (PPP, PAN) dan didukung Partai Ummat.

Muharno Zarka