Ketua Pengadilan Negeri Sragen Franciskus Tampubolon, mengambil sumpah janji 50 anggota DPRD Sragen yang baru, di Gedung DPRD setempat, Kamis (29/08/2024). Foto: Anind

SRAGEN (SUARABARU.ID)- Anggota DPRD Kabupaten Sragen periode 2024-2029 yang terpilih saat Pileg 14 Februari 2024, resmi dilantik melalui Rapat Paripurna dalam agenda pengambilan sumpah janji anggota DPRD, Kamis (29/08/2024).

Setelah dilantik, para wakil rakyat tersebut bertanggung jawab untuk menyalurkan aspirasi warga Sragen.

Hadir dalam pelantikan ini, Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati dan Wabup H.Suroto serta Forkompimda.

Pengucapan sumpah janji anggota DPRD dipimpin Ketua Pengadilan Negeri Sragen Rommel Franciskus Tampubolon.

“Anggota DPRD Sragen periode 2024-2029 ini jumlahnya bertambah dari periode sebelum 45 kini menjadi 50 sesuai ketentuan terbaru,” ujar Sekwan DPRD Sragen Tedy Rosanto.

Dari 50 anggota DPRD, 14 orang di antaranya adalah wajah baru di parlemen. Dari 50 anggota DPRD terpilih tersebut, delapan diantaranya perempuan.

Kursi terbanyak diperoleh PDIP dengan perolehan 15 kursi, disusul Partai Golkar 7 kursi, PKB dan Partai Gerindra 6 kursi, PKS dan Partai Demokrat 5 kursi, PAN 4 kursi, dan Partai Nasdem 2 kursi.

Dalam rapat paripurna pengambilan sumpah janji anggota DPRD Sragen sekaligus menunjukkan pimpinan sementara DPRD.

Adapun pimpinan DPRD sementara ditunjuk Suparno dari PDI-P dan Pujono Elli Bayu Efendi dari Partai Golkar.

Dalam sambutan pimpinan sementara Suparno menyampaikan terimakasih atas pengabdian dan dedikasinya kepada anggota DPRD periode 2019-2024.

Pihaknya juga memohon doa restu agar 50 anggota DPRD periode selanjutnya dapat mengemban amanah sesuai sumpah janji yang telah diucapkan sebagai wakil rakyat.

“Atas nama pribadi dan dewan, kami mengucapkan terimakasih yang setulus-tulusnya kepada warga Sragen yang mempercayakan kami sebagai wakil rakyat,” ujar Suparno yang juga Sekretaris DPC PDIP Sragen.

Sementara Anggota DPRD Sragen yang baru dilantik, Prihandoko mengatakan setelah dilantik sebagai anggota DPRD akan mengupayakan perbaikan jalan yang masih rusak di wilayah dapilnya, Gemolong, Kalijambe, Plupuh.

“Upaya meningkatkan kesejahteraan rakyat, juga harus diperjuangkan,” tutur Prihandoko alias Hanjus itu.

Sedangkan Nugroho Sulistyo berusaha memperjuangkan aspirasi warga dapil 3 Sragen, meliputi Tanon, Sumberlawang dan Miri.

Salah satu yang cukup krusial yakni ketersediaan air bersih di beberapa wilayah.

“Terkait permasalahan yang penting yakni kebutuhan air bersih, khususnya musim kemarau ini di beberapa wilayah mengalami kekeringan,” tuturnya.

Dia berharap anggota DPRD, terutama dari Dapil Sragen belahan utara, kedepan dapat memperjuangkan program untuk solusi kebutuhan air bersih.
Anind