Kepala DLH Kab. Jepara dan Diretur BSI Jepara menyeraahkan piala dan uang penghargaan kepada Tim BankSampah Lembayung SMKN 3 Jepara. Foto BSI Jepara

JEPARA (SUARABARU.ID) – SMK Negeri 3 Jepara kembali menorehkan prestasi gemilang di tingkat kabupaten dengan meraih juara 1 dalam Lomba Inovasi Pengelolaan Sampah Rumah Tangga. Lomba ini diselenggarakan oleh Bank Sampah Induk Berseri Dinas Lingkungan Hidup Jepara dengan mengusung tema “Sampah dan Cinta, Keduanya Butuh Pengelolaan”, pada tanggal 28 Agustus 2024.

Dalam lomba tersebut, tim dari SMK Negeri 3 Jepara mempresentasikan inovasi dalam mengelola sampah rumah tangga dengan memanfaatkan minyak jelantah. Tim ini berhasil menciptakan produk biosolar dan sabun dari minyak jelantah yang sudah tidak terpakai. Inovasi ini tidak hanya menunjukkan kepedulian terhadap pengelolaan sampah, tetapi juga menggambarkan bagaimana limbah rumah tangga dapat diolah menjadi produk yang bermanfaat dan ramah lingkungan.

Tim pengelola Bank Sampah Lembayung  SMK Negeri 3 Jepara, yang terdiri dari Kurnia Lintang Dewi (XII AKL 2), Nayla Fauziah Alvenia (XII PS), Hanung Intan Dea Safira (XI AKL 2), dan Puspitasari Septianingrum (XI AKL 1), berhasil mencuri perhatian dewan juri dengan inovasi mereka yang cemerlang.

Kepala SMKN 3 Jepara, pembimbing, dan Tim Lomba Inovasi Pengelolaan Sampah Tahun 2024. Foto: Baswara, Guru SMKN 3 Jepara

Di bawah bimbingan Ibu Nur Latifah, S.Si., tim ini berhasil menciptakan produk bermanfaat dari minyak jelantah, yaitu biosolar dan sabun, yang mampu mengurangi pencemaran lingkungan serta memanfaatkan limbah minyak bekas dengan cara yang lebih produktif dan berhasil menciptakan produk yang inovatif serta ramah lingkungan dengan nama ELITE’S: Eco Lembayung Innovative Treatment Essentials.

Dengan mengusung slogan “Cintai Aku, Cintai Lingkunganmu, Cintai Kita Semua. Bersama Bank Sampah Lembayung SMK Negeri 3 Jepara”, tim dari SMK Negeri 3 Jepara berusaha mengajak masyarakat untuk lebih peduli terhadap lingkungan. Slogan ini mencerminkan filosofi cinta terhadap diri sendiri, lingkungan, dan komunitas, yang menjadi dasar dari gerakan Bank Sampah Lembayung di sekolah tersebut.

Bank Sampah Lembayung SMK Megeri 3 Jepara berhasil meraih Juara 1 dalam ajang lomba inovasi pengelolaan sampah rumah tangga, Piala dan uang pembinaan diberikan langsung oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Jepara, Aris Setiawan, AP, MH. didampingi oleh Direktur Bank Sampah Induk Berseri Jepara Anis Surahman.

Kepala SMK Negeri 3 Jepara Sunaji, S.Pd., M.Eng. mengungkapkan rasa bangganya atas prestasi yang telah diraih oleh para siswa. “Kami sangat bangga dengan pencapaian ini, Prestasi ini menunjukkan bahwa siswa-siswi kami tidak hanya cerdas secara akademis, tetapi juga memiliki kesadaran lingkungan yang tinggi, Kami berharap inovasi ini dapat menginspirasi masyarakat untuk lebih peduli terhadap lingkungan,” ujarnya.

Keberhasilan ini tidak lepas dari kerja keras dan dedikasi para siswa dan guru di SMK Negeri 3 Jepara yang terus berinovasi dan berkontribusi dalam upaya menjaga kelestarian lingkungan. Sebagai sekolah Adiwiyata, SMK Negeri 3 Jepara berkomitmen untuk terus mengembangkan program-program yang mendukung pendidikan lingkungan hidup dan pengelolaan sampah yang berkelanjutan.

Pencapaian ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi sekolah-sekolah lain untuk terus berinovasi dan berpartisipasi dalam menjaga lingkungan. SMK Negeri 3 Jepara dengan bangga menunjukkan bahwa pengelolaan sampah yang baik dan inovatif tidak hanya bermanfaat bagi lingkungan, tetapi juga dapat memberikan dampak positif bagi kehidupan masyarakat luas.

Koordinator Adiwiyata Agung Riyanto, S.Pd mengatakan “Prestasi ini semakin mengukuhkan posisi SMK Negeri 3 Jepara sebagai sekolah Adiwiyata yang melakukan pengelolaan sampah dengan baik dan peduli terhadap kelestarian lingkungan”.

hadepe : Agung Riyanto