Paslon Tarso-Teguh (keempat dan ketiga dari kanan) maisng-masing didampingi istri, memberikan penjelasan kepada awak media dengan didampingi para Petinggi Parpol Pengusung dan Pendukung, diantaranya Ketua DPD Partai Golkar Wonogiri Bondan Sejiwan Bomo Aji (kanan) dan Sriyadi dari Partai Gelora (kiri).(SB/Bambang Pur)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Pasangan Calon (Paslon) Bupati-Wakil Bupati Wonogiri, Tarso-Kristian Teguh Suryono (Tangguh), Rabu 28/8/24), mendaftarkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Wonogiri.

Pada hari yang sama, Partai Amanat Nasional (PAN) Wonogiri mengalihkan dukungan tidak jadi mendukung Paslon Tangguh, tapi menyerahkan rekomendasinya ke Paslon Setyo Sukarno-Imron Rizkyarno (Seno). Penyerahan rekomendasi dilakukan di Kantor Sekretariat DPD PAN Kabupaten Wonogiri Jalan Diponegoro, Bantarangin, Wonogiri.

Ketua DPD PAN Wonogiri, Sardi, menegaskan, Parpolnya mendukung Paslon Setyo-Imron. Ini sesuai dengan instruksi DPPD PAN. Hal ini karena Setyo-Imron, sebelumnya mendaftar ke DPD PAN Wonogiri pada Tanggal 28 Juli 2024 lalu.

Dengan bergabungnya PAN ke kubu Seno, maka terjadi koalisi kuartet Parpol. Yakni PDI Perjuangan, Partai Gerindra, PAN dan Partai Nasdem. PDI Perjuangan merupakan induk Parpol Setyo Sukarno dan Partai Gerindra adalah induk Parpol Imron. Paslon Seno berencana akan mendaftarkan ke KPU Kamis malam besok (29/8/24).

Sebagaimana diketahui, sebelumnya PAN berada dalam wadah koalisi PUMA (Perubahan Untuk MAju). Yakni bergabungnya 6 Parpol Parlemen yang memiliki 23 kursi di DPRD Wonogiri. Terdiri atas Partai Golkar, Partai Gerindra, PKS, Partai Demokrat, PKB dan PAN. Bersama 11 Parpol non-Parlemen terdiri atas PPP, PBB, Gelora, PSI, Partai Buruh, Partai Umat, Partai Garuda, Partai Hanura, Partai Nasdem, Partai Prima dan Partai Perindo.

Kebogiro

Pendaftaran Paslon Tangguh, didampingi para petinggi Parpol Pengusung dan Parpol Pendukung, disertai iringan kesenian reog dadak merak dua unit, bersama barisan perempuan bercaping yang berjalan kaki dengan menggendong bakul (tenggok). Ikut serta berbaris, para kader Parpol koalisi PUMA minus PAN.

Kedatangannya di Kantor KPU Wonogiri, disambut dengan alunan Gending Kebogiro Laras Slendro Panthet Sanga. Kepada Paslon Tarso dan Teguh, disambut dengan pengalungan selendang batik. Ketua KPU Wonogiri, Satya Graha, tampil memimpin pelayanan pendaftaran Paslon Tangguh, didampingi para anggota KPU. Ikut hadir Ketua Bawaslu Wonogiri Antonius Joko Wuryanto.

Tarso-Teguh yang selama ini tidak pernah gagal dalam Pemilu Legislatif Wonogiri, menyatakan, ingin melanjutkan pengabdiannya di jalur ekskutif. Yakni maju sebagai Calon Bupati-Wakil Bupati pada Pilkada Tanggal 27 Nopember 2024 mendatang, dengan mengusung visi misi ”Menuju Wonogiri Maju, Adil dan Merata.”

Duet Tarso-Teguh, menyatakan, disamping mendapat dukungan dari Parpol Parlemen (non-PDI Perjuangan, Gerindra dan PAN) bersama 11 Parpol non-Parlemen, juga akan merangkul semua elemen masyarakat. Seperti dengan berbagai organisasi persilatan, organisasi keagamaan dan organisasi kemasyarakatan lainnya.

Untuk pengamanan selama proses pendaftaran Paslon, Rabu (28/8/24), Kapolres Wonogiri AKBP Jarot Sungkowo, menurunkan tim pengamanan yang dipimpin Kabag Ops Kompol Agus Samsyudin. Tim pengamanan dari kepolisian ini, melibatkan anggota dari berbagai satuan beserta personel pengamanan internal KPU Wonogiri.(Bambang Pur)