Koordinator Satkordikcam Welahan, Masfuat, S.Pd., M.M. saat menyerahkan hadiah kepada juara maca geguritan putri. Foto: Wiwin

JEPARA (SUARABARU.ID) – Satuan Koordinasi Pendidikan Kecamatan Welahan menyelenggarakan Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) SD 2024 di SD Negeri 1 Kalipucangwetan, Senin, 26 Agustus 2024. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari edaran Kepala Dinas Pendidikan, pemuda, dan olahraga kabupaten Jepara tertanggal delapan Agustus 2024. Kegiatan yang berupa lomba-lomba ini diikuti oleh 203 siswa SD yang berada di wilayah Satkordikcam Welahan.

Pada kegiatan pembukaan FTBI 2024, Koordinator Satkordikcam Welahan, Masfuat, S.Pd., M.M. mengatakan bahwa FTBI SD tingkat Satkordikcam Welahan ini merupakan ajang revitalisasi bahasa daerah dengan sasaran siswa SD. Selain itu FTBI ini juga untuk mencari talenta-talenta yang akan diperiapkan dalam FTBI SD tingkat kabupaten Jepara.

 

”Selain berkompetisi, diharapkan anak-anak juga dapat bersilaturahmi, bersosialisasi, bergembira, dan bangga menggunakan bahasa daerah khususnya bahasa Jawa. Ada tujuh  mata lomba pada FTBI 2024 ini, yakni menulis dan membaca aksara Jawa, berpidato dalam bahasa Jawa (sesorah), mendongeng dengan bahasa Jawa, ndhagel ijen, maca geguritan, macapat, serta menulis cerita cekak (cerkak)” jelas Masfuat.

Setiap mata lomba, lanjut Masfuat, dikuti oleh siswa SD di wilayah Satkordikcam Welahan dalam kategori putra dan putri. Mereka didampingi dan didukung oleh ratusan guru pendamping, dan staf dari Satkordikcam Welahan dalam upacara pembukaan FTBI 2024.

Koordinator FTBI SD 2024 Satkordikcam Welahan, Wiwin Patma Dewi, S.Pd. mengucapkan terima kasih kepada Koordinator Satkordikcam Welahan bersama jajarannya, kepala sekolah, guru, dan para siswa atas partisipasinya dalam kegiatan FTBI SD tahun 2024.

Dari kegiatan FTBI SD tahun 2024 Satkordikcam Welahan menghasilkan para juara yang nantinya akan mewakili Satkordikcam Welahan ke tingkat kabupaten. Adapun para wakil itu adalah: Ahmad Rafiiandra Syaputera dari SDN 3 Ketilengsingolelo cabang macapat putra, Nacha Usyafana dari SDN 2 Kendengsidialit cabang macapat putri, Jalaludin M. Akbar dari SDN 3 Telukwetan cabang maca geguritan putra, Andiyanika Citra Saraswati dari SDN 1 Gidangelo cabang maca geguritan putri, M. Nur Khanzim dari SDN 5 Telukwetan cabang ndhagel ijen putra, Syafira Naufalia dari SDN 4 Kalipucangkulon cabang ndhagel ijen putri, Rasyid Haruna A. Dari SDN 1 Kalipucangkulon cabang sesorah putra, Syifana Azzahra dari SDN 6 Kalipucangwetan cabang sesorah putri.

Untuk cabang maca lan nulis aksara Jawa putra diraih oleh  M. Giebriel Yahya dari SDN 2 Brantaksekartaji dan   Iona Ihza Mumtaz dari SDN 1 Kalipucangkulon cabang maca lan nulis aksara Jawa putri.  Iqbal Alan S dari SDN 1 Guwosobokerto cabang nulis cekak puta, Salma Zahira R SDN 5 Telukwetan cabang nulis cerkak putri. Sementara  Binar Senja Maghfirah dari SDN 1 Gidangelo cabang ndongeng putri, M. Raikhan dari SDN 1 Guwosobokerto cabang ndongeng putra.

Hadepe – Wiwin Patma Dewi, S.Pd -Kepala Sekolah SDN 1 Gidangelo Welahan