Pasangan Arif Sugiyanto dan Ristawati Purwaningsih didampingi para ulama dan pimpinan ormas, tiba di kantor KPU Kebumen Jalan Aruingbinang, Selasa 28/8 sore.(Foto:SB/Komper Wardopo)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Sejumlah ulama, politisi dan tokoh ormas mengantar pasangan petahana Arif Sugiyanto dan Ristawati Purwaningsih (Arif-Rista) sebagai cabup dan cawabup, mendaftar ke kantor KPU Kebumen, Jalan Arungbinang 14, Rabu (28/8) sore.

Arif Sugiyanto memakai baju koko putih dan Ristawati juga mengenakan busana muslimah putih disertai para pendukungnya berjalan kaki menuju kantor KPU dari arah timur di Jalan Arungbinang. Tiba di depan Kantor KPU setempat sekitar Pukul 15.00, disambut staf dan karyawan sekretariat KPU.

Para tokoh ulama yang ikut mengantar Arif- Rista ke KPU setempat di antaranya KH Mohammad Dawamudin Masdar, Gus Harry Al Hasani, Gus Fachrudin, KH Tahrir Masror dan KH Dawami Misbah serta Gus Fat.

Dari partai politik pengusung hadir Ketua DPC PDIP Saiful Hadi, Ketua DPD Partai Golkar Halimah Nurhayati, Ketua DPC PPP Wahid Mulyadi, Ketua DPD PAN Bagus Setiyawan dan Ketua DPD PKS Pramono.

Hadir pula Pimpinan Sementara DPRD Kebumen Fitria Handini dan sejumlah anggota DPRD dari partai pengusung.  Di halaman Kantor KPU hadir Cipto Waluyo, mantan ketua DPRD Kebumen yang  juga suami Ristawati Purwaningsih.

Dari kalangan ormas hadir sejumlah aktivis Pemuda Pancasila, Ketua DPD Garuda Perak Sujud Sugiarto. Hadir pula Ketua HIPMI Kebumen Herwin Kunadi, Direktur RSU PKU Muhammadiyah Sruweng yang juga Ketua Pemuda Muhammadiyah Kebumen dr Hasan Bayuni, dan kader NU Mukhsinun.

Kedatangan rombongan pengusung pasangan Arif-Rista disertai pendukung sekitar 800 orang cukup meriah. Petugas Polres Kebumen dipimpin Wakapolres Kompol Muhammad Nurkholis dan Kabagops Kompol Setiyoko mengamankan posko, di sepanjang jalan Arungbinang hingga Kantor KPU Kebumen.

Diterima Komisoner KPU

Komisioner KPU Kebumen bersama pasangan Arif-Rista dan pimpinan partai pengusul, Rabu 28/8.(Foto:SB/Komper Wardopo)

Sebelum memasuki kawasan Jalan Arungbinang, rombongan Arif-Rista berkumpul di Posko Pemenangan Jalan Pahlawan. Selanjutnya rombongan sepeda motor, mobil dan bus melewati Jalan HM Sarbini dan Jalan Tentara Pelajar, masuk ke Jalan Arungbinang.

Di Jalan Arungbinang rombongan berhenti di depan Kantor Perumda Air Minum (PDAM) Tirta Bumi Sentosa disambut kesenian tek-tek dan Paskibra. Selanjutnya mereka diterima di Kantor KPU oleh Ketua KPU Kebumen Dzakiatul Banat dan empat komisionoer, Joko Paripurno, Muhammad Sobir, Endra Prasetia, dan Heri Purnama.

Berhubung lokasi terbatas, yang bisa masuk ke Kantor KPU hanya pasangan Arif-Rista dan partai pengusul ketua serta sekretaris. Yaitu ketua dan sekretaris DPC PDIP, DPC PPP, DPD PAN, DPD Partai Golkar dan DPD PKS. Selain itu juga pimpinan partai nonparlemen dari Perindo, Partai Buruh, PBB, PKPN dan Partai Garuda.

Saiful Hadi mewakili partai koalisi mengungkapkan, kedatangan dia dan parpol pengusung di KPU Kebumen untuk mengantar pasangan Arif Sugiyanto dan Ristawati Purwaningsih bersama pengurus partai untuk mendaftar ke KPUD. Pihaknya berharap berkas pendaftaran pasangan Arif-Rista telah lengkap dan beres serta siap mengikuti tahapan Pilkada.

Ketua KPU Dzakiatul Banat secara resmi menerima pendaftaran pasangan Arif-Rista sebagai pasangan pertama yang datang di KPU. Bahkan berkas pendaftaran dinilai telah lengkap dan pihaknya akan segera melakukan verifikasi berkas.

Mantan Ketua PCNU KH Moh Dawamudin Masdar memimpin doa di halaman kantor KPU setempat Rabu 28/8.(Foto:SB/Komper Wardopo)

Sehabis mendaftar di ruangan KPU, Ketua PCNU Kebumen 2019-2024 KH Drs Moh Dawamudin Masdar MAg memimpin doa untuk kemenangan Arif-Rista. Sebelum berangkat, di Posko Pemenangan Jalan Pahlawan KH Dawami Misbah dan Kiai Tahrir Masror juga memimpin doa.

Siap Ikuti Pilkada

Sedankan Arif Sugiyanto usai mendaftar berterima kasih kepada para pimpinan partai politik pengusung yang datang di KPUD. Pihaknya berterima kasih pula kepada para ulama NU dan Muhammadiyah yang telah mendukungnya. Termasuk kepada para tokop pimpinan ormas dan organisasi profesi.

“Kami datang ke KPU dan mendaftar yang pertama sebagai bukti komitmen dan kesiapan kami untuk mengikuti Pilkada dan siap melanjutkan pembangunan dengan pasti. Setelah ini kami akan bersama rakyat untuk mengikuti tahapan pilbup,”tandas Arif.

Secara khusus Arif juga berterima kasih kepada kedua orang tuanya, Sugito dan Ny Sugito, yang ikut mengantar ke KPU.”Kedua orang tua saya ini jimat dan memotivasi saya untuk mengabdi di Kabupaten Kebumen supaya lebih  baik.”

Arif pun berpesan kepada para pendukungnya untuk mengikuti tahapan pilbup sesuai dengan aturan yang berlaku. Meskipun sering dihujat dan difitnah, dirinya meminta para pendukungnya tetap tenang dan sabar, serta tidak terpancing membalas dengan hujatan dan makian.

Komper Wardopo